digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dengan tantangan dan harapan yang ditetapkan oleh PTDI pada awal 2018, selama 5 tahun ke depan untuk bekerja keras dalam meningkatkan pendapatan dari semua lini dan mencari potensi pusat laba yang baru. Oleh karena itu proyek akhir ini disiapkan yang secara umum memberikan gambaran tentang peran divisi dukungan pelanggan PTDI selama bertahun-tahun, serta strategi ke depan untuk menyumbangkan pendapatannya pada pendapatan konsolidasi PTDI. Penelitian ini adalah untuk menemukan apa variabel dan struktur yang membuat fluktuasi pendapatan dukungan pelanggan dan bagaimana membuat pendapatan pertumbuhan yang stabil. Faktor-faktor yang terkait dengan masalah dalam kasus bisnis ini ditunjukkan dalam kerangka konseptual. Faktor-faktor yang secara signifikan berkontribusi pada munculnya masalah bisnis yang dihadapi menggunakan diagram tulang ikan. Dalam membantu mengatasi masalah-masalah yang telah dijelaskan dalam makalah ini maka penulis menggunakan sistem pemodelan dinamis untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang hubungan kausal antara faktor-faktor yang memberikan pengaruh terhadap pendapatan divisi dukungan pelanggan. Dari hasil eksplorasi bisnis dan simulasi dari model dinamika sistem, dapat dijelaskan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan peningkatan dan penurunan pendapatan divisi dukungan pelanggan adalah karena terjadi peningkatan dan penurunan pengiriman pesawat dan helikopter ke pelanggan. Pertumbuhan pendapatan dukungan pelanggan dapat dicapai dengan meningkatkan jumlah penjualan pesawat terbang dan helikopter serta meningkatkan layanan purna jual, sehingga akan meningkatkan pendapatan penjualan layanan purna jual Dalam pelaksanaan program, divisi dukungan pelanggan harus melakukan pengawasan secara ketat terhadap penyelesaian program, khususnya terkait dengan kualitas,waktu dan biaya, karena pelanggan komersial lebih peduli tentang ketiga hal ini dibandingkan dengan pelanggan militer