digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

To be published Salma Mergiana
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

Penelitian ini adalah studi untuk membentuk ekuitas merek di pasar semen yang sedang dalam keadaan perang harga. Studi ini digunakan untuk melihat bagaimana strategi branding internal Semen Gresik diterapkan dan dipersepsikan oleh toko bangunan, tukang bangunan dan pemilik rumah. Tujuan utamanya adalah untuk mengeksplorasi dan menemukan perbedaan implementasi strategi terhadap kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas terhadap ekuitas merek. Juga untuk memberikan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti yang dapat meningkatkan ekuitas merek. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, dengan wawancara semiterstruktur kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal, didukung oleh data internal. Dalam studi, ditemukan bahwa Semen Gresik adalah salah satu merek teratas dalam industri semen, tetapi tagline-nya "Kokoh Tak Tertandingi" tidak beresonansi secara efektif di kalangan audiens. Persepsi tentang kualitas tidak konsisten, tukang bangunan mengakui durabilitas produk, tetapi pemilik rumah dan toko bangunan tidak teredukasi dengan baik. Program loyalitas meskipun telah dibuat untuk took bangunan, namun terbatas dalam jangkauannya untuk tukang bangunan dan pemilik rumah. Studi ini dapat memberikan sudut pandang untuk membuat strategi komunikasi yang dapat eksekusi, termasuk strategi komunikasi yang diperbarui. Dengan temuan-temuan ini, Semen Gresik dapat memperkuat ekuitas mereknya dan memperdalam hubungannya dengan pelanggan. Kerangka kerja dalam studi ini juga memberikan ilmu berharga bagi industri lain yang mengeksplorasi strategi branding internal dan penerjemahannya ke dalam persepsi pelanggan untuk membentuk ekuitas merek, membangun pertumbuhan jangka panjang dan relevansi.