digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


BAB I Hasna Nur Cahya Alimah [27123052]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II Hasna Nur Cahya Alimah [27123052]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III Hasna Nur Cahya Alimah [27123052]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV Hasna Nur Cahya Alimah [27123052]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V Hasna Nur Cahya Alimah [27123052]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Penelitian ini bertujuan untuk menguji sejauh mana teori TRAITS (Time, Risk, Altruism, Information, meToo, Stickiness) dapat digunakan sebagai kerangka analisis untuk memahami gaya hidup penggemar grup NewJeans. TRAITS sebelumnya dikembangkan untuk mengamati kecenderungan psikografis individu dalam mengambil keputusan, namun penelitian ini mengusulkan penggunaannya sebagai alat baca gaya hidup dalam konteks budaya populer. Teori ini digunakan untuk menjawab rumusan masalah mengenai kemungkinan TRAITS dalam mengungkap gaya hidup dari segi hubungan individu terhadap cara penggunaannya terhadap benda, ruang, dan waktu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif, dengan metode wawancara terhadap seorang narasumber dari Generasi Z yang aktif sebagai penggemar NewJeans. Generasi ini dipilih karena memiliki karakteristik yang kuat terhadap ekspresi diri digital dan keterlibatan dalam budaya populer. Analisis dilakukan dengan menelaah adanya unsur barang, ruang dan waktu dalam jawaban wawancara TRAITS yang diberikan. Hasilnya menunjukkan bahwa seluruh dimensi TRAITS dapat diidentifikasi dan beririsan dengan pola-pola gaya hidup yang konsisten dan berulang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teori TRAITS berpotensi digunakan tidak hanya sebagai teori pengambilan keputusan, tetapi juga sebagai metode dalam studi gaya hidup berbasis pengalaman individual. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada penggunaan TRAITS sebagai pendekatan metodologis alternatif yang dapat memperkaya khazanah kajian budaya populer dan sosiologi gaya hidup kontemporer.