digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan overrun, FAA mensyaratkan adanya Runway End Safety Area (RESA) dengan panjang 1000 ft (300 m) pada ujung landasan untuk memberi jarak berhentian pesawat yang tergelincir dengan kecepatan 70 knots. namun beberapa bandara kesulitan untuk memenuhi persyaratan ini dengan alasan kurangnya lahan yang tersedia dan biaya yang dibutuhkan terlalu besar. Penelitian ini betujuan mengetahui parameter-parameter yang penting dalam memodelkan engineered material arrested system (EMAS), mengetahui akurasi hasil simulasi menggunakan FEM dengan pendekatan SPH dengan hasil uji eksperimental, mengetahui kinerja EMAS berbasis foam concrete dengan penambahan variasi fiber menggunakan FEM dengan pendekatan smooth particle hydrodinamic (SPH). Hasil simulasi elemen hingga dengan pendekatan SPH pada material dengan uji drop-weigth test menunjukkan hasil deviasi antara simulasi elemen hingga dan eksperimental sebesar 8% dan 2% hal ini menunjukkan bahwa pemodelan foam concrete fiber dengan pendekatan SPH memiliki akurasi yang tinggi.