Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengevaluasi modul pelatihan
Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang IPA (Fisika) berbasis simulasi digital
interaktif bagi peserta didik. Modul dikembangkan menggunakan metode
penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Modul dirancang dalam format digital
berbasis web menggunakan Canva serta memadukan berbagai simulator seperti
GeoGebra, PhET, dan Stefanelli Simulator untuk menyajikan konsep-konsep fisika
secara dinamis dan interaktif. Validasi dilakukan oleh tiga dosen dari Institut
Teknologi Bandung dan memperoleh rata-rata skor 3,0 dari validitas materi dan
skor 3,2 dari validitas media (skala maksimum 4) yang keduanya dikategorikan
sangat baik. Modul diuji terbatas pada sepuluh siswa calon peserta OSN SMP di
wilayah Kabupaten Serang. Efektivitas diperoleh dari kenaikan skor pre-test dan
post-test dengan rata-rata skor N-gain 0,38 pada kategori sedang. Hasil uji
kelayakan kepraktisan modul oleh guru dan siswa berturut-turut memperoleh skor
3,8 dan 3,5 (skala maksimum 4) yang keduanya berada pada kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil tersebut, modul dikatakan efektif, layak, dan praktis sebagai
media pendukung dalam pelatihan OSN IPA di tingkat SMP.