digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Tri Kurniawan Latif
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan

Studi ini tentang upaya Bank Harapan dalam bertransformasi menjadi bank digital. Penelitian ini berfokus pada masalah operaional yang tidak efisien, jumlah produk digital yang terbatas, dan tantangan kompetitif di sektor keuangan Indonesia yang terus berkembang. Penelitian ini menemukan bahwa proses yang ketinggalan zaman bersama dengan inovasi produk yang minim merupakan hambatan utama yang mencegah pertumbuhan digital di Harapan Bank dan mengurangi daya tariknya terhadap pasar UMKM. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran, penelitian ini mengumpulkan data survei kuantitatif dari para pemangku kepentingan UMKM dan melakukan wawancara kualitatif dengan para pemimpin untuk menemukan inefisiensi operasional dan kurangnya produk digital sebagai hambatan kompetitif utama. UMKM memutuskan untuk mengadopsi teknologi dengan mengevaluasi kegunaannya melalui kecepatan administratif dan perolehan wawasan komersial sedangkan kemudahan adopsi terutama berkaitan dengan pengalaman pengguna selama proses onboarding versus format antarmuka menurut Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini mempertahankan prinsip-prinsip TAM dan mengungkapkan bagaimana fitur operasional sistem menentukan pilihan adopsi pengguna melalui kemampuan organisasi yang menghubungkan variabel psikologis dengan kebutuhan operasional. Penelitian menunjukkan bahwa UMKM menghargai akses akun yang mudah bersama dengan transaksi cepat dan sumber daya pembiayaan pendidikan sementara perbankan seluler berfungsi sebagai pilihan utama mereka. Kerangka Transformasi Digital MIT berfungsi sebagai dasar untuk desain transformasi digital strategis yang direkomendasikan yang menggabungkan otomatisasi titik akhir dengan peningkatan infrastruktur di samping layanan personalisasi yang digerakkan oleh AI dan pendekatan layanan hibrida serta inisiatif pengembangan budaya. Rekomendasi tersebut berfungsi sebagai metode yang dapat ditindaklanjuti yang dapat digunakan Harapan Bank untuk peningkatan operasional dan inovasi produk digital dalam upayanya untuk memantapkan diri sebagai bank digital yang tangguh bagi UMKM.