






PUSTAKA Regianto Wisnuseputro
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan
Penelitian ini mengkaji prospek adopsi Virtual Reality oleh pasar konsumen Indonesia dengan meneliti faktor kunci dan hal-hal yang mempengaruhi adopsi konsumen di Indonesia. Studi ini mempertimbangkan perkembangan teknologi Virtual Reality yang kini telah sampai ke ranah konsumen. Kecenderungan penggunaan teknologi ini oleh pasar konsumen yang awam diukur dalam studi ini, khususnya persepsi dan keinginan masyarakat dalam mengadopsi teknologi ini. Penelitian ini menggunakan survei kuantitatif yang juga dianalisa menggunakan kombinasi dari model Diffusion of Innovation Theory dan Technology Acceptance Model. Hasil survei menunjukkan bahwa faktor Observability dan Social Influence menjadi utama dalam adopsi konsumen Indonesia terhadap teknologi Virtual Reality. Secara umum masyarakat Indonesia menyambut positif teknologi baru ini. Upaya-upaya penetrasi pasar untuk produk Virtual Teknologi baru di pasar konsumen Indonesia perlu memperhatikan hal ini.