digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Pada saat ini, kecerdasan artifisial (AI) sudah sangat terkenal dan hampir digunakan oleh semua orang yang memanfaatkan teknologi baik itu secara sadar maupun tidak sadar. Namun, implementasi kecerdasan artifisial pada UMKM yang merupakan salah satu sektor penyokong perekonomian Indonesia masih tergolong sangat sedikit. Selain itu, penggunaan kecerdasan artifisial atau penerapan konsep business intelligence pada suatu perusahaan juga masih sangat sedikit dan perusahaan terutama UMKM lebih memilih melakukannya secara manual dengan menggunakan teknologi secukupnya. Hal ini dapat dipandang sebagai masalah baru yang akan berdampak pada efektivitas dan efisiensi proses bisnis pada suatu UMKM. Oleh sebab itu, diperlukan suatu solusi berbasis business intelligence yang dapat mendukung kegiatan pemasaran dan segmentasi pasar yang dioptimasi kinerjanya dengan menggunakan kecerdasan artifisial. Dengan adanya kecerdasan artifisial pada kegiatan pemasaran yang berada di dalam platform Customer Relationship Management (CRM) diharapkan mampu mengoptimasi kegiatan pemasaran dan segmentasi pasar.