
Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Pada saat ini, kecerdasan artifisial (AI) sudah sangat terkenal dan hampir digunakan
oleh semua orang yang memanfaatkan teknologi baik itu secara sadar maupun tidak
sadar. Namun, implementasi kecerdasan artifisial pada UMKM yang merupakan
salah satu sektor penyokong perekonomian Indonesia masih tergolong sangat
sedikit. Selain itu, penggunaan kecerdasan artifisial atau penerapan konsep business
intelligence pada suatu perusahaan juga masih sangat sedikit dan perusahaan
terutama UMKM lebih memilih melakukannya secara manual dengan menggunakan
teknologi secukupnya. Hal ini dapat dipandang sebagai masalah baru yang akan
berdampak pada efektivitas dan efisiensi proses bisnis pada suatu UMKM. Oleh
sebab itu, diperlukan suatu solusi berbasis business intelligence yang dapat
mendukung kegiatan pemasaran dan segmentasi pasar yang dioptimasi kinerjanya
dengan menggunakan kecerdasan artifisial. Dengan adanya kecerdasan artifisial
pada kegiatan pemasaran yang berada di dalam platform Customer Relationship
Management (CRM) diharapkan mampu mengoptimasi kegiatan pemasaran dan
segmentasi pasar.