
2025_TS_PP_Rudy Ekberth Paskalis Belseran-29122267_Full Text
PUBLIC Open In Flip Book Kartika Ringkasan
GBC Rail Haulage Level merupakan salah satu level produksi yang memfasilitasi pengangkutan bijih hasil ekstraksi dari level ekstraksi ke crusher menggunakan lokomotif. Pada tahun 2019, sebuah laporan konsultan merekomendasikan bahwa 18.000m penyangga kabel di level GBC Rail Haulage harus diganti antara tahun 2025 – 2045 untuk memastikan bahwa level operasional dan produksi dapat tercapai. Biaya langsung untuk penggantian baut di terowongan sepanjang 18.000 m tidak akan merangkum biaya Preventative Support Maintenance (PSM) yang sebenarnya dan studi biaya harus mencakup area detail, jenis penyangga, serta waktu rehabilitasi yang diperlukan. Estimasi biaya konsultan dianggap terlalu tinggi, sehingga memerlukan eksplorasi opsi alternatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari alternatif yang dapat memberikan biaya yang lebih baik dibandingkan dengan rekomendasi konsultan dan seberapa besar potensi penghematan biaya dari alternatif tersebut. Tinjauan pustaka, diskusi kelompok terfokus (FGD), dan wawancara semi terstruktur dilakukan untuk mengidentifikasi kemungkinan alternatif. Analisis SWOT, evaluasi ground support dan pembaharuan laju korosi digunakan untuk memilih penyangga alternatif, analisis biaya kemudian dilanjutkan untuk melihat potensi penghematan biaya.
Berdasarkan analisis tersebut, baut kabel 17,8 mm yang sudah di-grouting dipilih untuk diaplikasikan di area dengan korosi sedang hingga ekstrem. Setelah dilakukan perhitungan biaya, solusi dari penghematan biaya ini adalah sebesar 40% dari rekomendasi yang di buat oleh konsultan.