digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi untuk menarik dan mempertahankan talenta dalam organisasi nirlaba, dengan fokus khusus pada FBB. Didirikan pada tahun 2020, FBB menangani masalah seperti ketahanan pangan dan limbah makanan di Bandung dan sekitarnya. Meskipun organisasi nirlaba berorientasi pada misi, mereka menghadapi tantangan signifikan dalam mengelola sumber daya manusia karena keterbatasan sumber daya finansial, tingginya tingkat pergantian karyawan, dan ketergantungan pada staf paruh waktu atau sukarelawan. Tantangan ini sering kali mengakibatkan ketidakefisienan yang menghambat kinerja organisasi dan pencapaian misi. Studi ini bertujuan untuk mengembangkan strategi efektif untuk mengatasi tantangan tersebut dan memastikan praktik sumber daya manusia yang berkelanjutan bagi FBB. Tujuan penelitian ini adalah: pertama, mengidentifikasi faktor-faktor yang menarik individu untuk bergabung dengan organisasi nirlaba seperti FBB; kedua, menentukan faktor yang memotivasi karyawan dan sukarelawan untuk tetap berkomitmen di FBB. Dengan memahami faktor-faktor ini, penelitian ini bertujuan membantu FBB meningkatkan kemampuannya untuk menarik dan mempertahankan individu yang terampil, sehingga meningkatkan dampak dan efisiensi operasionalnya. Pendekatan studi kasus kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang konteks spesifik FBB. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur dengan sukarelawan FBB saat ini serta calon pegawa potensial. Analisis tematik digunakan untuk mengidentifikasi pola dan tema yang berulang terkait motivasi karyawan, pengalaman karyawan, dan harapan mereka. Studi ini juga mengeksplorasi faktor-faktor yang dapat menarik calon karyawan potensial untuk bergabung dengan organisasi dengan menunjukkan profil organisasi dan mengajukan beberapa pertanyaan terkait kesan mereka, motivasi untuk bergabung, dan keraguan yang mungkin mereka hadapi untuk bergabung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keselarasan dengan misi organisasi untuk mengurangi limbah makanan dan mempromosikan kesejahteraan sosial memainkan peran penting dalam menarik dan mempertahankan talenta. Lingkungan kerja yang mendukung, peluang pengembangan keterampilan, dan proses operasional organisasi ditemukan sebagai faktor utama untuk memastikan retensi karyawan. Faktor serupa hal yang sama yang menarik kandidat potensial untuk bergabung, dengan daya tarik tambahan berupa profil pendiri yang meninggalkan kesan kuat. Berdasarkan wawasan yang diperoleh, penelitian ini menawarkan rekomendasi praktis untuk FBB. Inti dari rekomendasi ini adalah pengembangan Employee Value Proposition (EVP) yang jelas dan menarik, yang disusun dalam empat pilar utama: Mission that Inspires, Grow as You Give, Together We Achieve, dan Excellence in Action. EVP ini kemudian diterjemahkan ke dalam strategi spesifik untuk retensi talenta, termasuk inisiatif seperti mission circles, pertemuan townhall, program "Leader of the Month", lokakarya pemetaan keterampilan, dan tantangan inovasi bulanan. Untuk menarik talenta, strategi berfokus pada pemanfaatan media sosial dan membangun kemitraan untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik. Selain itu, penelitian ini menekankan pentingnya mengatasi hambatan potensial, seperti kekhawatiran stabilitas keuangan, melalui transparansi dan pemberian insentif non-moneter.