
2025_TS_PP_Maulana Malik Ibrahim_1-Full Thesis
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman Ringkasan
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang paling
efektif untuk EPLC (English Proficiency Langauge Center) dalam mencapai
target pendaftaran sebanyak 1.000 mahasiswa. Menggunakan Analytical
Hierarchy Process (AHP), dilakukan analisis komprehensif berdasarkan data
historis, umpan balik pemangku kepentingan, dan perbandingan berpasangan
dari berbagai strategi pemasaran. Hasilnya menunjukkan bahwa Kampanye
Media Sosial menduduki peringkat tertinggi, diikuti oleh Program Duta
Mahasiswa, yang terbukti efektif dari segi biaya dan mampu memanfaatkan
jaringan teman sebaya. Sebaliknya, Program Rujukan Alumni dan Program
Rujukan Reguler kurang efektif dalam hal skalabilitas dan dampaknya. Penelitian
ini menyimpulkan bahwa kombinasi Kampanye Media Sosial dan Program Duta
Mahasiswa akan menjadi strategi yang paling optimal untuk EPLC (English
Proficiency Language Center) memaksimalkan jangkauan dan keterlibatan
sekaligus menjaga efisiensi biaya. Pemantauan jangka panjang dan penyesuaian
berdasarkan data real-time disarankan untuk memperbaiki strategi lebih lanjut.