
2025_TS_PP_Adrian Chandra_1-Full Thesis
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman Ringkasan
Persaingan yang semakin ketat dalam industri pendidikan daring menuntut optimalisasi
landing page untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan secara efektif. Penelitian ini
berfokus pada peningkatan landing page Videolabs.id, sebuah platform kursus videografi
daring, agar lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna dan memaksimalkan tingkat konversi.
Dengan menggunakan desain eksperimen antara subjek (between-subject), penelitian ini
menguji empat variasi headline (Urgensi, Manfaat, Rasa Ingin Tahu, dan Spesifisitas) serta
empat variasi call-to-action (CTA) (Urgensi, Berorientasi pada Manfaat, Fokus Masa Depan,
dan Inklusif) dibandingkan dengan kontrol. Data perilaku, termasuk tingkat konversi, klik,
dan durasi sesi, dianalisis bersama heatmap dan rekaman sesi untuk mengungkap pola
keterlibatan pengguna.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa headline berbasis urgensi (H1) mencapai tingkat
konversi tertinggi (10%), secara signifikan lebih baik dibandingkan kontrol (7,09%, p =
0,010), sedangkan headline berbasis spesifisitas (H4) menunjukkan sedikit peningkatan
konversi (7,69%) dengan menyediakan manfaat yang jelas dan terukur. Sementara itu, CTA
berorientasi manfaat (C2) memimpin dalam konversi (8,04%), sedangkan CTA berbasis
urgensi (C1) menghasilkan klik terbanyak namun tidak berkonversi, mengindikasikan
pentingnya keselarasan pesan dengan tujuan pengguna. Wawasan perilaku lebih lanjut
mengungkapkan bahwa elemen pembangun kepercayaan, seperti FAQ, memainkan peran
penting dalam mengatasi keraguan pengguna.
Berdasarkan temuan ini, penelitian ini mengusulkan dua variasi landing page yang
dioptimalkan: (1) desain berbasis urgensi yang ditargetkan pada pengguna tahap pengambilan
keputusan dan kampanye abandoned cart, serta (2) desain berbasis spesifisitas yang ditujukan
untuk pengguna tahap pertimbangan yang mencari manfaat kursus secara rinci. Rencana
implementasi dan metrik kinerja disusun untuk memastikan peluncuran yang efektif dan
peningkatan iteratif. Penelitian ini menekankan pentingnya menyesuaikan elemen landing page dengan pemicu
psikologis dan perilaku pengguna, memberikan strategi yang dapat diimplementasikan untuk
mengoptimalkan upaya pemasaran digital dalam sektor pendidikan daring. Penelitian
selanjutnya diharapkan dapat mengeksplorasi elemen landing page lainnya dan industri
alternatif untuk memvalidasi aplikasi yang lebih luas dari temuan ini.