digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Fadllur Rahmani [17420057]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Sains berperan penting dalam perkembangan teknologi dan pemahaman manusia terhadap alam semesta. Pendidikan sains sejak dini diperlukan untuk membangun pola pikir kritis, analitis, dan kemampuan memecahkan masalah. Namun, metode pembelajaran konvensional sering kali kurang efektif dalam menyampaikan konsep abstrak astronomi, seperti sistem tata surya. Oleh karena itu, inovasi dalam media pembelajaran yang lebih interaktif dan mendalam diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan metode pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) guna meningkatkan pengalaman belajar siswa kelas 7 SMP tentang sistem tata surya. Teknologi VR dipilih karena kemampuannya menghadirkan simulasi lingkungan yang immersive, memungkinkan siswa menjelajahi serta memahami konsep abstrak astronomi secara lebih nyata. Media ini menawarkan simulasi pergerakan planet, revolusi dan rotasi Bumi, eksplorasi permukaan Bulan, serta fenomena astronomi lainnya dalam representasi visual yang realistis. Proses perancangan VR mencakup studi literatur, analisis data, wawancara dengan ahli, pengambilan kuesioner dari target sasaran, perancangan aset 3D menggunakan Blender, integrasi interaktif dalam Unity, serta pengujian untuk menilai efektivitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa VR tentang sistem tata surya dapat menjadi media pembelajaran inovatif yang memfasilitasi pemahaman sains, memperkuat konsep astronomi, serta meningkatkan minat belajar siswa.