
Fadllur Rahmani [17420057]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Sains berperan penting dalam perkembangan teknologi dan pemahaman manusia
terhadap alam semesta. Pendidikan sains sejak dini diperlukan untuk membangun pola
pikir kritis, analitis, dan kemampuan memecahkan masalah. Namun, metode
pembelajaran konvensional sering kali kurang efektif dalam menyampaikan konsep
abstrak astronomi, seperti sistem tata surya. Oleh karena itu, inovasi dalam media
pembelajaran yang lebih interaktif dan mendalam diperlukan. Penelitian ini bertujuan
untuk merancang dan mengembangkan metode pembelajaran berbasis Virtual Reality
(VR) guna meningkatkan pengalaman belajar siswa kelas 7 SMP tentang sistem tata surya.
Teknologi VR dipilih karena kemampuannya menghadirkan simulasi lingkungan yang
immersive, memungkinkan siswa menjelajahi serta memahami konsep abstrak astronomi
secara lebih nyata. Media ini menawarkan simulasi pergerakan planet, revolusi dan rotasi
Bumi, eksplorasi permukaan Bulan, serta fenomena astronomi lainnya dalam representasi
visual yang realistis. Proses perancangan VR mencakup studi literatur, analisis data,
wawancara dengan ahli, pengambilan kuesioner dari target sasaran, perancangan aset 3D
menggunakan Blender, integrasi interaktif dalam Unity, serta pengujian untuk menilai
efektivitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa VR tentang sistem tata surya
dapat menjadi media pembelajaran inovatif yang memfasilitasi pemahaman sains,
memperkuat konsep astronomi, serta meningkatkan minat belajar siswa.