digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Muhammad Fikri Ramadian 17420067
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Anak-anak sering terpapar lingkungan yang tidak bersih, sementara sistem kekebalan tubuh mereka belum matang sepenuhnya. Kurangnya pemahaman siswa sekolah dasar kelas 4–6 mengenai mikrobiologi, khususnya bakteri, menimbulkan kebutuhan akan media edukasi yang menarik dan mudah dipahami. Perancangan ini bertujuan untuk mengedukasi mereka melalui animasi virtual reality dengan pendekatan penceritaan naratif yang imersif. Media ini dipilih karena mampu menyajikan konsep biologi yang kompleks secara visual dan meningkatkan pemahaman siswa dengan lebih baik. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah Design Thinking, yang mencakup tahapan empathize, define, ideate, dan prototype. Hasil akhir dari perancangan ini berupa purwarupa animasi virtual reality dalam bentuk video yang menyajikan visual edukatif dan menarik. Purwarupa ini dapat menjadi inspirasi bagi pengembangan media edukasi berbasis teknologi untuk meningkatkan pemahaman tentang mikroorganisme, khususnya bakteri, serta mendorong perilaku hidup bersih dan sehat pada anak sekolah dasar.