digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
PUBLIC Open In Flip Book Dessy Rondang Monaomi Ringkasan

Teknologi Kendaraan Listrik (EV) telah berkembang untuk memungkinkan aliran daya dua arah, sehingga EV tidak hanya mengonsumsi energi tetapi juga dapat memasoknya kembali ke jaringan listrik. Namun, penelitian mengenai pola pengisian dan pengosongan daya berbasis waktu masih terbatas, terutama di Indonesia, di mana tarif listrik tetap konstan sepanjang hari. Studi ini mengusulkan strategi kontrol berbasis waktu dengan asumsi adanya harga dinamis, di mana tarif lebih tinggi selama jam sibuk, guna menciptakan manfaat bersama bagi pengguna EV dan utilitas listrik. Sistem ini mengintegrasikan mekanisme manajemen State of Charge (SoC) dan pengendali Proporsional-Derivatif (PD) untuk mengoptimalkan kinerja baterai serta aliran energi. Pengujian pada tingkat SoC awal sebesar 25%, 55%, dan 85% menunjukkan bahwa kombinasi parameter Kp = 0,02 dan Kd = 1 menghasilkan kesalahan terendah, memastikan kontrol yang efisien. Strategi ini mendorong pengguna EV untuk menjual energi selama jam sibuk, memberikan keuntungan finansial sekaligus membantu utilitas listrik dalam menyeimbangkan permintaan energi pada periode kritis.