digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
PUBLIC Open In Flip Book Dessy Rondang Monaomi Ringkasan

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) merupakan salah satu beban nonlinier yang memiliki dampak signifikan terhadap munculnya harmonik pada sistem tenaga listik. Proses pengisian daya memiliki dampak yang sangat besar terhadap penambahan distorsi harmonik. Harmonisa kerja SPKLU perlu dianalisis dan ditekan terutama dalam skala besar. Harmonisa yang terjadi pada jaringan akibat beban nonlinier dapat dikurangi dengan menyaring distorsi harmonisa tersebut agar tidak masuk ke jaringan. Harmonisa dapat ditekan dengan menerapkan filter. Karena komponen utama charger adalah penyearah/rectifier dengan pengontrol, maka harmonisa yang muncul ke jala-jala akan mendistorsi arus, sehingga Shunt Active Power Filter (SAPF) akan diusulkan untuk mencegah aliran harmonisa ke jala-jala akibat proses pengisian daya. Filter ini dirancang menggunakan Phase-Locked-Loop (PLL) untuk mencari parameter nilai arus dari selisih antara arus beban dan fundamental setelah itu inverter digunakan menciptakan daya reaktif secara lokal dan memberikan arus yang dibutuhkan untuk menjadi input EV Charger. Filter ini dirancang untuk membuat charger bekerja dengan baik atau tidak mengganggu proses pengisian daya EV dan membuat sumber listrik yang disuplai menjadi EVC tanpa harmonisa. MATLAB Simulink digunakan untuk mensimulasikan pekerjaan tersebut. Setelah itu hasil THD dari jaringan dan beban akan dianalisis.