digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pelaksanaan Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera adalah salah satu Proyek Strategis Nasional dimana meliputi Provinsi Aceh di sebelah Utara sampai dengan Provinsi Lampung di sebelah Selatan. Pelaksaan Jalan Tol di Sumatera Utara merupakan salah satu yang dilaksanakan dan pada pelaksanaannya terdapat tanah lunak pada kedalaman 17 sampai 22 meter. Pada Rencana awal disepakati penggunaan metode PVD dan preloading untuk perbaikan tanah lunak. Namun pada proses pelaksanaannya tepatnya setelah timbunan mencapai elevasi rencana / Top Subgrade terjadi kelongosoran pada timbunan badan jalan tersebut. Kelongsoran yang terjadi pada pelaksanaan Timbunan Badan jalan tol kemungkinan disebabkan oleh belum padatnya tiap layer timbunan dikarenakan proses pemadatan yang kurang demi mengejar target penyelesaian proses konstruksi Jalan Tol. Pada Studi ini akan diberikanan alternatif solusi berupa Penggunaan Metode Deep Soil Mixing (DSM) untuk perbaikan kelongsoran timbunan tanah pada Badan Jalan. Dalam analisinya digunakan parameter – parameter tanah berdasarkan hasil uji tanah yang telah dilaksanakan di lapangan. Kata