
Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PT X merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan dan pelatihan
coaching dengan berfokus pada pasar business-to-business (B2B). Saat ini PT X
menghadapi permasalahan dalam pengelolaan prospek dan klien yang disebabkan
oleh kurangnya pemetaan proses bisnis yang terstandarisasi dan tidak adanya sistem
customer relationship management (CRM) yang memadai. Hal ini mengakibatkan
proses penjualan dan manajemen proyek PT X menjadi tidak efisien dan berdampak
pada rendahnya tingkat konversi penjualan dan retensi klien. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis dan merancang sistem CRM yang dibutuhkan oleh
PT X agar dapat meningkatkan efisiensi operasional PT X.
Dalam penelitian ini metode Framework for Application of System Thinking
(FAST) digunakan untuk perancangan sistem CRM guna memenuhi kebutuhan PT
X untuk peningkatan efisiensi operasionalnya. Sistem yang dikembangkan
diharapkan mampu memberikan solusi komprehensif dalam mengotomatisasi
pengelolaan data klien, mengintegrasikan proses antar divisi, serta memberikan
analisis deskriptif terhadap data yang ada untuk mendukung pengambilan
keputusan. Prototipe sistem CRM dirancang menggunakan platform Monday.com
dengan fokus pada fungsi pengelolaan prospek, proyek, dan penagihan.
Hasil perancangan menunjukkan bahwa prototipe sistem CRM dapat meningkatkan
visibilitas terhadap data penjualan dan proyek secara real-time, mempermudah
kolaborasi antar tim, mempercepat alur kerja penjualan dan manajemen proyek,
serta mempercepat pengambilan keputusan. Sistem ini juga memungkinkan
perusahaan untuk lebih responsif terhadap kebutuhan klien, meningkatkan tingkat
konversi penjualan, dan memperkuat hubungan jangka panjang dengan klien.
Penelitian ini dibatasi pada perancangan dan pembuatan prototipe tanpa
implementasi penuh, dengan asumsi bahwa tidak ada perubahan signifikan dalam
aktivitas bisnis perusahaan selama penelitian berlangsung.