digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penyediaan layanan logistik oleh pengelola kawasan industri merupakan tren yang semakin banyak terlihat. Hal ini dikarenakan adanya keinginan pengelola kawasan untuk memberikan layanan yang terpadu dan menyeluruh. Salah satu perusahaan kawasan industri yang menyediakan layanan logistik adalah PT. Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER). Namun, ditemukan permasalahan pemanfaatan layanan logistik internal yang masih kurang dan penggunaan layanan eksternal oleh penyewa. Meskipun telah menawarkan solusi logistik yang terpadu, penyewa semakin bergantung pada penyedia eksternal, sehingga menghambat visi PT. SIER untuk menjadi one-stop service bagi penyewanya. Penelitian ini berupaya mencari akar permasalahan tersebut dan mengusulkan strategi pemasaran yang secara khusus dirancang untuk menangani kebutuhan dan permasalahan penyewa dengan lebih baik. Dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, termasuk survei kepuasan pelanggan dan wawancara dengan penyewa dan karyawan, penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor utama seperti ketidaksesuaian harga, kesadaran yang terbatas, dan kesenjangan kualitas layanan. Temuan penelitian ini menyoroti pentingnya menyelaraskan penawaran logistik dengan nilai-nilai penyewa, seperti efisiensi biaya, keandalan, dan keberlanjutan, untuk meningkatkan pemanfaatan layanan dan mendukung pertumbuhan PT. SIER sebagai penyedia logistik yang tepercaya.