






Dengan terus berkembang ke skala global, PT Indofood Sukses Makmur memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang lebih besar secara sosial, lingkungan, dan etis dalam operasinya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami hubungan antara aktivitas keberlanjutan yang dilakukan Indofood dengan strategi bisnisnya serta mengidentifikasi variabel-variabel penting di antara keduanya. Analisis konten menggunakan perangkat lunak pengkodean ATLAS.ti digunakan untuk secara sistematis meninjau, mencatat, dan mengelompokkan data dari laporan keberlanjutan Indofood ke dalam kategori dan konsep yang telah dikelompokkan berdasarkan referensi. Hasil dari skema pengkodean juga digunakan sebagai dasar untuk analisis co-occurence guna menemukan hubungan antara aktivitas terkait keberlanjutan dan bisnis. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan Indofood terhadap strategi keberlanjutan dan bisnisnya dapat dihubungkan melalui kerangka balanced scorecard (BSC), di mana kerangka ini telah diadaptasi untuk memasukkan elemen keberlanjutan yang dikenal sebagai sustainable balanced scorecard (SBSC), seperti yang telah dieksplorasi dalam penelitian sebelumnya. Terdapat pola yang jelas antara aktivitas terkait keberlanjutan, seperti emisi gas rumah kaca (GRK), keanekaragaman hayati, dan pengembangan komunitas dengan aktivitas-aktivitas terkait bisnis, seperti kinerja keuangan dan efisiensi operasional. Indofood juga dapat mengintegrasikan banyak aktivitas keberlanjutannya ke dalam proses internal dan aktivitas kapasitas organisasinya berdasarkan kerangka SBSC.