
COVER - Agni Luthfi Heryana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 - Agni Luthfi Heryana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 - Agni Luthfi Heryana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 - Agni Luthfi Heryana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 - Agni Luthfi Heryana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 - Agni Luthfi Heryana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 - Agni Luthfi Heryana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 - Agni Luthfi Heryana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA - Agni Luthfi Heryana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Tampilan tiga dimensi menjadi faktor yang sangat penting dalam
keberhasilan suatu simulasi. Tampilan tiga dimensi membuat simulasi menjadi
lebih menarik. OpenGL menyediakan sebuah antarmuka untuk pembuatan grafik
tiga dimensi kepada pemrogram.
Simulasi yang dibuat kali ini adalah simulasi penembakan partikel pada
sebuah susunan partikel. Partikel memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga sulit
untuk melihat pergerakan partikel tersebut secara langsung. Karena sulitnya
melihat pergerakan partikel secara langsung, dibutuhkan sebuah model agar dapat
diamati dengan mudah. Makalah ini bertujuan untuk menemukan cara membuat
simulasi penembakan partikel pada sebuah susunan partikel menggunakan library
OpenGL, Open Dynamics Engine dan bahasa pemrograman Java dan mengetahui
pengaruh beberapa parameter pada pola pergerakan partikel yang ditembakkan.
Parameter yang akan diuji pengaruhnya terhadap pola gerak partikel adalah jarak
antar partikel yang menyusun susunan partikel, koefisien restitusi, batas kecepatan
partikel yang ditembakkan yang mengakibatkan partikel tersebut terperangkap,
sudut tembakan partikel, vibrasi susunan partikel, dan rotasi susunan partikel.
Untuk memanggil library OpenGL pada bahasa pemrograman Java, dapat
digunakan JOGL (Java bindings for OpenGL). Partikel dapat memiliki pola gerak
karena adanya gaya yang dialami partikel tersebut salah satunya adalah tumbukan
dengan partikel lain. Untuk mendeteksi tumbukan, dapat digunakan sebuah
physics engine yang disebut ODE (Open Dynamics Engine).