digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Liu YuWei
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan

BAB 1 Liu YuWei
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan

BAB 2 Liu YuWei
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan

BAB 3 Liu YuWei
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan

BAB 4 Liu YuWei
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan

BAB 5 Liu YuWei
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan

PUSTAKA Liu YuWei
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan

Tesisinimengeksplorasiposisipasardanstrategioperasionaluntukmendirikan operasiritelbarang-barangrumahtanggadanB2B(business-to-business)di Indonesiadengankisaranhargamenengahkebawah. Proyekinimenargetkan pasarkelasmenengahkebawahyangterusberkembangdiIndonesiasertasektor usahakecildanmenengah(UKM),dengantujuanmemenuhipermintaanyang meningkatakanbarang-barangrumahtanggayangterjangkau,estetis,dan fungsional. Penelitianinimengidentifikasifokusgandauntukmemenuhikebutuhanpraktis danemosionaldarikonsumenindividumaupunklienbisnis.Denganmenganalisis lanskapriteldiIndonesia,tesisinimengevaluasitrenpasar,perilakukonsumen, dandinamikapersaingan,denganpenekananpadadiferensiasidaripesaingyang sudahmapansepertiMinisodanHaipai.Strategibisnisyangdiusulkanberpusat padamenciptakanposisipasaryangunikmelaluipenyelarasan“manusia,barang, danruang,”dengantujuanmengoptimalkanpengalamanpelanggan, meningkatkanefisiensioperasional,danmembangunloyalitasmerekyangkuat. Modelbisnisinidirancanguntukberkembangsecarabertahap,dimulaidengan tokoritelpercontohandiSemarangsebelumdiperluaskekota-kotabesardi Indonesiamelaluioperasilangsungdanwaralaba. SegmenB2Bmelengkapibisnis riteldenganmemanfaatkanrantaipasokannyauntukmemberikansolusiyang disesuaikanbagiUKM,sehinggameningkatkanaksesmerekaterhadapproduk berkualitastinggidenganhargaterjangkau.Elemenoperasionalutamamencakup pemilihanlokasistrategis,serangkaianProsedurOperasiStandar(SOP)yang terperinci,upayapemasaranlokal,dankolaborasidenganpemasokterpercaya untukmemastikanpengendalianbiayadankonsistensiproduk. Tesisinimenyimpulkandenganrekomendasistrategisuntukpertumbuhanjangka panjang,termasukberadaptasidenganperubahantrenpasar,mengintegrasikan umpanbalikdaripelanggandanklienbisnis,sertamenerapkanpraktikrantai pasokanyangberkelanjutan.Penelitianinimenyediakankerangkakerjayang komprehensifuntukmengembangkanoperasiritelbarang-barangrumahtangga danB2ByangkompetitifdanberfokuspadapelanggandipasarIndonesiayang terusberkembang.