






Tesisinimengeksplorasiposisipasardanstrategioperasionaluntukmendirikan operasiritelbarang-barangrumahtanggadanB2B(business-to-business)di Indonesiadengankisaranhargamenengahkebawah. Proyekinimenargetkan pasarkelasmenengahkebawahyangterusberkembangdiIndonesiasertasektor usahakecildanmenengah(UKM),dengantujuanmemenuhipermintaanyang meningkatakanbarang-barangrumahtanggayangterjangkau,estetis,dan fungsional.
Penelitianinimengidentifikasifokusgandauntukmemenuhikebutuhanpraktis danemosionaldarikonsumenindividumaupunklienbisnis.Denganmenganalisis lanskapriteldiIndonesia,tesisinimengevaluasitrenpasar,perilakukonsumen, dandinamikapersaingan,denganpenekananpadadiferensiasidaripesaingyang sudahmapansepertiMinisodanHaipai.Strategibisnisyangdiusulkanberpusat padamenciptakanposisipasaryangunikmelaluipenyelarasan“manusia,barang, danruang,”dengantujuanmengoptimalkanpengalamanpelanggan, meningkatkanefisiensioperasional,danmembangunloyalitasmerekyangkuat.
Modelbisnisinidirancanguntukberkembangsecarabertahap,dimulaidengan tokoritelpercontohandiSemarangsebelumdiperluaskekota-kotabesardi Indonesiamelaluioperasilangsungdanwaralaba. SegmenB2Bmelengkapibisnis riteldenganmemanfaatkanrantaipasokannyauntukmemberikansolusiyang disesuaikanbagiUKM,sehinggameningkatkanaksesmerekaterhadapproduk berkualitastinggidenganhargaterjangkau.Elemenoperasionalutamamencakup pemilihanlokasistrategis,serangkaianProsedurOperasiStandar(SOP)yang terperinci,upayapemasaranlokal,dankolaborasidenganpemasokterpercaya untukmemastikanpengendalianbiayadankonsistensiproduk.
Tesisinimenyimpulkandenganrekomendasistrategisuntukpertumbuhanjangka panjang,termasukberadaptasidenganperubahantrenpasar,mengintegrasikan umpanbalikdaripelanggandanklienbisnis,sertamenerapkanpraktikrantai pasokanyangberkelanjutan.Penelitianinimenyediakankerangkakerjayang komprehensifuntukmengembangkanoperasiritelbarang-barangrumahtangga danB2ByangkompetitifdanberfokuspadapelanggandipasarIndonesiayang terusberkembang.