Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab utama penurunan tren pada PT Suara
Matahari Trading dan mencari solusi terbaik melalui inovasi model bisnis untuk mengatasi permasalahan
tersebut. PT Suara Matahari Trading adalah perusahaan manufaktur dan perdagangan makanan ringan
khususnya di industri popcorn. Perusahaan ini berkembang secara signifikan sejak diluncurkannya merek
popcorn mereka (Karmellow), namun pendatang baru dari perusahaan besar menjadi isu dalam aktivitas
penjualan Karmellow. Survei dilakukan dengan menggunakan wawancara untuk mendapatkan informasi
lebih lanjut. Open Coding dari transkrip tersebut dikembangkan untuk menemukan inovasi bisnis Blue
Ocean Strategy untuk PT Suara Matahari Trading. Data kuantitatif dilakukan melalui kuesioner online
untuk mengetahui implementasi inovasi bisnis Blue Ocean Strategy pada PT Suara Matahari Trading.
Untuk mengatasi ancaman pendatang baru, PT Suara Matahari Trading mampu menemukan pasar yang
sepenuhnya baru melalui inovasi bisnis Blue Ocean Strategy. Berdasarkan hasil metode kuantitatif,
penerapan inovasi bisnis Blue Ocean Strategy di PT Suara Matahari Trading mendapat respon positif dari
pasar dan ditetapkannya Blue Ocean Strategy untuk PT Suara Matahari Trading. Untuk bersaing dengan
perusahaan produsen FMCG besar, PT Suara Matahari Trading mampu menggunakan inovasi bisnis Blue
Ocean Strategy yang diusulkan oleh penelitian ini untuk menjangkau pasar yang benar-benar baru dan
kembali menjadi penggerak pertama dalam industri ini. Kemasan plastik juga menjadi perhatian global
terhadap keberlanjutan, menghilangkan penggunaan plastik dalam inovasi bisnis baru Blue Ocean
Strategy juga menjadi keunggulan kompetitif bagi PT Suara Matahari Trading