digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Adelia Nurdianti [17420040]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Dongeng atau cerita merupakan media yang sangat efektif untuk menyampaikan pesan dan edukasi terkait moral, sejarah, dan budaya kepada seseorang tanpa menggurui mereka. Namun seiring berkembangnya zaman, remaja Indonesia saat ini sudah jarang membaca dan terpapar dengan cerita rakyat Indonesia. Hal ini menyebabkan mulai tersingkirnya budaya lokal dari kehidupan sehari-hari remaja Indonesia. Permasalahan ini dapat diatasi dengan mengangkat cerita rakyat Indonesia ke dalam media populer seperti film, animasi, gim, komik, dan lainnya yang diminati oleh remaja. Media e-artbook pun digunakan sebagai kumpulan ide dan konsep yang nanti dapat diangkat ke dalam media lain. Selain media, gaya visual, genre dan latar pun disesuaikan dengan minat remaja, yaitu dengan gaya visual semi-realisme dan kartun barat, genre aksi dan fantasi, serta berlatar arcanepunk. Teori worldbuilding digunakan untuk mengembangkan narasi dunia fiksi yang dibuat. Penelitian dilakukan dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan studi literatur. Hasil perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan dan menambah wawasan remaja akhir usia 17 - 25 tahun terkait cerita rakyat Indonesia, serta sebagai upaya untuk melestarikan warisan budaya Indonesia.