Abstrak Sarah Afifah Thohiroh [17520003]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencantumkan pembelajaran berbasis
STEAM ke dalam kurikulum pendidikan dan buku pedoman pembelajaran untuk satuan
PAUD. Istilah ini menuai permasalahan baru mengenai pembelajaran STEAM yang
dinilai sangat kompleks untuk diterapkan kepada anak usia dini dan memberatkan
ekspektasi kepada guru untuk mengimplementasikan topik tersebut ke dalam
pembelajaran. Disisi lain pembelajaran berbasis kognitif yang diberikan untuk anak usia
dini masih banyak yang terpaut pada kegiatan berbasis kertas juga membaca, menulis dan
berhitung (CALISTUNG). Terkait permasalahan tersebut dilakukan proses penelitian dan
perancangan alat bantu pembelajaran kognitif yang dapat meimplementasikan konsep
pembelajaran sekaligus membawakan nilai keberagaman topik pembelajaran dengan
metode dan tahapan yang sesuai dengan perkembangan kognitif anak usia 4-6 tahun.
Menggunakan pendekatan pembelajaran model sentra untuk mewadahi proses belajar
seakan-akan sedang bermain bersama teman sebaya. Fokus kegiatan akan dilakukan di
dalam ruangan perancangan juga dilakukan dengan memerhatikan aspek kemudahan
produksi dan keterjangkauan harga untuk digunakan oleh penyelenggara PAUD.