COVER Nisya Kurniasari
PUBLIC  BAB 1 Nisya Kurniasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 2 Nisya Kurniasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 3 Nisya Kurniasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 4 Nisya Kurniasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 5 Nisya Kurniasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza PUSTAKA Nisya Kurniasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza
Telkom Indonesia adalah perusahaan telekomunikasi milik negara di Indonesia
yang beroperasi di industri telekomunikasi. Sebagai perusahaan telekomunikasi
yang telah bertransformasi digital, Telkom perlu menjadi tangkas dalam
menghadapi dinamika industri. Telkom Indonesia telah meluncurkan Five Bold
Moves, yang merupakan lima strategi utama, untuk menjadi perusahaan
telekomunikasi kelas dunia. Secara umum, kelima strategi utama ini
diimplementasikan melalui investasi pada infrastruktur telekomunikasi dan
platform digital secara seimbang, guna memenuhi aspirasi pemegang saham dan
menghadapi tantangan industri, seperti keberlanjutan bisnis Telkom di masa depan
dan peningkatan valuasi dan laba perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan struktur hirarki kriteria,
subkriteria, dan alternatif utama dalam pemilihan Strategi Lima Langkah Berani
yang Paling Diprioritaskan di Telkom Indonesia. Penelitian ini menggunakan
metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan aplikasi Expert Choice.
Subjek penelitian ini adalah karyawan Telkom Indonesia, dan jumlah partisipan
dalam penelitian ini adalah 31.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keunggulan kompetitif dan strategis adalah
kriteria utama dalam memilih Strategi Lima Langkah Berani yang Paling
Diprioritaskan di Telkom Indonesia. Dan untuk alternatif utama menunjukkan
bahwa "kolaborasi tetap dan seluler (FMC)" dan "Pusat Data Bersama" memiliki
pengaruh dominan dalam struktur hirarki. Saran yang dapat disampaikan oleh
peneliti terkait hasil studi ini adalah untuk menambah alternatif dalam penelitian
serupa dan menggabungkan metode Analisis Hirarki Analitik dengan teknik
Pengambilan Keputusan Multi Kriteria lainnya yang memungkinkan para
pengambil keputusan untuk membuat pilihan yang terinformasi mengenai
implementasi. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur manajemen
strategis dengan menawarkan analisis perbandingan terhadap strategi lima
langkah berani Telkom Indonesia menggunakan model AHP. Temuan ini
memberikan rekomendasi berharga bagi tim manajemen Telkom Indonesia dan
berfungsi sebagai dasar untuk penelitian lebih lanjut di bidang pengambilan
keputusan strategis dalam industri telekomunikasi.