digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Mirza Devi Maharani
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Mirza Devi Maharani
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Mirza Devi Maharani
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Mirza Devi Maharani
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Mirza Devi Maharani
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Mirza Devi Maharani
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Mirza Devi Maharani
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

RevComm memperkenalkan MiiTel, sebuah sistem telepon AI, pada bulan Oktober 2021, dengan target pasar di Indonesia dan fokus pada organisasi dengan volume panggilan tinggi. MiiTel bertujuan untuk menyediakan solusi VoIP yang hemat biaya dan fleksibel, memberikan kesempatan bagi bisnis untuk meningkatkan kinerja panggilan dan mengurangi biaya. Masuknya RevComm ke pasar Indonesia merupakah perluasan bagi MiiTel, membuka peluang untuk mendapatkan pelanggan baru. Pendapatan berulang bulanan (MRR) RedComm mengalami fluktuasi dari Januari hingga Mei 2022. Namun, penjualan mengalami penurunan yang signifikan pada bulan Oktober 2022, dan MRR terus fluktuatif hingga Februari 2023. Selama periode ini, RevComm menghadapi perputaran pelanggan yang mengakibatkan kerugian MRR yang signifikan, terutama dari Desember 2022 hingga Februari 2023. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam studi ini, termasuk wawancara dan observasi. Data primer diperoleh melalui metode tersebut, sementara data sekunder dikumpulkan dari berbagai sumber seperti data internal perusahaan, catatan publik, buku, jurnal, laporan, dan publikasi. Dengan menggunakan data ini, penelitian ini menggunakan berbagai kerangka kerja untuk menjelaskan analisis internal dan eksternal kondisi bisnis perusahaan. Analisis eksternal dilakukan menggunakan PESTEL, Porter’s Five Forces, Analisis Kompetitor. Analisis internal menggunakan model STP, Marketing Mix 7P, VRIO, Analisis Rantai Nilai, dan Bisnis Model Kanvas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami kondisi internal dan eksternal RevComm dan mengusulkan strategi bisnis yang sesuai. Strategi yang diusulkan dikembangkan menggunakan Strategi Model Diamond sesuai dengan analisis SWOT.