ABSTRAK Rebecca Meliani Sembiring M.
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Besarnya kebutuhan rekrutmen pekerja kerah biru dan pesatnya perkembangan teknologi
membuat proses rekrutmen mulai bertransisi menjadi daring, salah satunya dengan
memanfaatkan portal milik pihak ketiga. Oleh karena itu, PT Solusi (nama samaran)
meluncurkan aplikasi pencarian pekerja kerah biru. Namun, aplikasi diramalkan tidak dapat
mencapai target penguasaan pasarnya, yaitu minimal satu persen dari serviceable obtainable
market dalam dua sampai empat tahun setelah perilisan. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi
perbaikan untuk meningkatkan adopsi perekrut. Mengingat produk masih dalam tahap
introduksi dan memiliki fleksibilitas dalam perbaikan aplikasi, penelitian ini dilakukan
untuk merumuskan usulan perbaikan dengan mempertimbangkan kepuasan pengguna atas
pemenuhan atribut kebutuhan dan kapabilitas aplikasi saat ini. Pelanggan potensial dari
aplikasi Solusi adalah perekrut perusahaan yang membutuhkan pekerja kerah biru dan telah
melakukan digitalisasi proses rekrutmen.
Pada penelitian ini dilakukan identifikasi atribut kebutuhan secara kualitatif melalui delapan
responden wawancara dan 95 sampel dari pelanggan potensial dalam kuesioner critical
incident technique (CIT). Sejumlah delapan belas atribut kebutuhan dipilih untuk diuji
pengaruhnya kepada kepuasan pengguna secara kuantitatif karena berkaitan dengan
subdimensi functional suitability, performance efficiency, compatibility, completeness, ease
of understanding, personalization, dan assurance yang menekankan utilitas aplikasi dan
memiliki frekuensi kemunculan yang tinggi. Model pengukuran diuji menggunakan partial
least squares structural equation modelling (PLS-SEM). Penelitian ini mengadopsi model
importance-performance analysis(IPA)-Kano. Terdapat 178 respons kuesioner IPA dan 290
respons kuesioner Kano.
Hasil analisis menunjukkan bahwa atribut kebutuhan “aplikasi menyediakan kuantitas
kandidat yang diharapkan”, “aplikasi memberikan rekomendasi kandidat dengan cepat,
aplikasi bereputasi baik”, dan “aplikasi telah dipercaya dan digunakan banyak pencari
pekerja” sebagai atribut kebutuhan yang perlu untuk diperbaiki. Hasil tersebut digunakan
untuk merancang usulan perbaikan aplikasi Solusi.