digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Diandra Lintang Kinanthi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Kecelakaan pada penerbangan paling banyak terjadi pada fase approaching meskipun fase tersebut merupakan fase tersingkat dari seluruh fase penerbangan. Kecelakaan pada fase approaching dan landing mencapai 46% dari total penyebab kecelakaan penerbangan. Salah satu masalah yang sering menyebabkan kecelakaan dalam fase final approach adalah Unstabilized Approach (UA). Secara garis besar, UA dapat didefinsikan sebagai suatu kasus ketika pendaratan dengan aman gagal dilakukan. Dalam melakukan identifikasi apakah suatu penerbangan mengalami UA dapat dilakukan dengan berbagai metode, salah satunya dengan menggunakan kriteria energy management dimana metode tersebut akan digunakan dalam penelitian ini. Guna meminimalisir kasus UA, diperlukan prediksi sedini mungkin sehingga dapat memberikan pilot waktu untuk bereaksi mempertahankan kestabilan pesawatnya. Pada penelitian ini prediksi dilakukan dengan bantuan deep learning. Deep learning merupakan salah satu cabang dari machine learning yang menggunakan struktur algoritma berlapis yang disebut Artificial Neural Network (ANN) sehingga dapat melakukan prediksi UA pada suatu penerbangan secara realtime.