2023_TS_PP_Yudhatama Mohamad_29120034_1-Full Thesis.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman
Salah satu kekuatan utama di balik pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka panjang
adalah sektor pertambangan. Industri ini memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap
PDB Indonesia. Perusahaan perlu mengembangkan kebijakan dan prosedur yang mendukung
dan mengintegrasikan strategi digital di semua tingkatan organisasi. Dalam beberapa tahun
terakhir, industri pertambangan telah merangkul berbagai teknologi digital. Dalam beberapa
tahun terakhir, industri pertambangan telah merangkul berbagai teknologi digital. Jumlah
pengguna internet di seluruh dunia meningkat menjadi 4,5 miliar di era digital saat ini. Menurut
statistik ini, lebih dari separuh manusia di Bumi, atau lebih dari 60 persen, kini menjadi
pengguna internet. Ada 4,5 miliar pengguna internet di seluruh dunia, dan dua tema utama yang
menarik mereka daring adalah media sosial dan perilaku pengguna internet. Pemasaran media
sosial (SMM) adalah penggunaan media sosial untuk tujuan bisnis untuk mengiklankan produk
atau acara untuk menarik pelanggan potensial secara online. Banyak perusahaan telah mulai
mencari cara terbaik untuk menggunakan situs web komunitas dalam membangun hubungan
yang langgeng sebagai hasil dari pertumbuhan yang luar biasa dari situs web ini. Strategi
pemasaran dan komunikasi perusahaan tambang harus semakin mencakup pemasaran media
sosial. Sebuah perusahaan perangkat lunak pertambangan bernama Micromine Indonesia
bergerak di bidang pemasaran digital, khususnya menggunakan platform Instagram. Produk,
promosi diskon, tips dan teknik, product knowledge, konten edukasi, informasi webinar, dan
aktivitas (event) merupakan bagian dari strategi content marketing Micromine Indonesia di
Instagram. Jumlah view story, jumlah like di postingan, dan jumlah unique followers relatif
rendah untuk Micromine Indonesia yang memiliki sekitar 1,5 ribu pengikut. Meskipun diyakini
bahwa berbagai konten telah dimuat dan dikemas secara kreatif selama enam bulan terakhir,
sumber pengikutnya tidak pernah diteliti, dan Instagram sendiri masih belum memberikan
analisis performa. Hasil penelitian ini mengungkapkan jenis postingan yang harus diposting
Micromine Indonesia sendiri di Instagram, menimbulkan pertanyaan apakah konten yang
disediakan Micromine Indonesia selama ini berdampak pada kinerja customer engagement
Micromine Indonesia. Bagaimana pendapat audiens tentang Micromine Indonesia saat ini?
Apakah mereka merasa dekat dengan perusahaan atau apakah mereka masih berpikir bahwa itu
tidak terlalu aktif di Instagram dalam hal memposting konten baru.