digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Salah satu kekuatan utama di balik pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka panjang adalah sektor pertambangan. Industri ini memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap PDB Indonesia. Perusahaan perlu mengembangkan kebijakan dan prosedur yang mendukung dan mengintegrasikan strategi digital di semua tingkatan organisasi. Dalam beberapa tahun terakhir, industri pertambangan telah merangkul berbagai teknologi digital. Dalam beberapa tahun terakhir, industri pertambangan telah merangkul berbagai teknologi digital. Jumlah pengguna internet di seluruh dunia meningkat menjadi 4,5 miliar di era digital saat ini. Menurut statistik ini, lebih dari separuh manusia di Bumi, atau lebih dari 60 persen, kini menjadi pengguna internet. Ada 4,5 miliar pengguna internet di seluruh dunia, dan dua tema utama yang menarik mereka daring adalah media sosial dan perilaku pengguna internet. Pemasaran media sosial (SMM) adalah penggunaan media sosial untuk tujuan bisnis untuk mengiklankan produk atau acara untuk menarik pelanggan potensial secara online. Banyak perusahaan telah mulai mencari cara terbaik untuk menggunakan situs web komunitas dalam membangun hubungan yang langgeng sebagai hasil dari pertumbuhan yang luar biasa dari situs web ini. Strategi pemasaran dan komunikasi perusahaan tambang harus semakin mencakup pemasaran media sosial. Sebuah perusahaan perangkat lunak pertambangan bernama Micromine Indonesia bergerak di bidang pemasaran digital, khususnya menggunakan platform Instagram. Produk, promosi diskon, tips dan teknik, product knowledge, konten edukasi, informasi webinar, dan aktivitas (event) merupakan bagian dari strategi content marketing Micromine Indonesia di Instagram. Jumlah view story, jumlah like di postingan, dan jumlah unique followers relatif rendah untuk Micromine Indonesia yang memiliki sekitar 1,5 ribu pengikut. Meskipun diyakini bahwa berbagai konten telah dimuat dan dikemas secara kreatif selama enam bulan terakhir, sumber pengikutnya tidak pernah diteliti, dan Instagram sendiri masih belum memberikan analisis performa. Hasil penelitian ini mengungkapkan jenis postingan yang harus diposting Micromine Indonesia sendiri di Instagram, menimbulkan pertanyaan apakah konten yang disediakan Micromine Indonesia selama ini berdampak pada kinerja customer engagement Micromine Indonesia. Bagaimana pendapat audiens tentang Micromine Indonesia saat ini? Apakah mereka merasa dekat dengan perusahaan atau apakah mereka masih berpikir bahwa itu tidak terlalu aktif di Instagram dalam hal memposting konten baru.