ABSTRAK Muslina Syahril
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Muslina Syahril
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Muslina Syahril
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Muslina Syahril
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Muslina Syahril
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Muslina Syahril
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Muslina Syahril
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Muslina Syahril
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Kondisi on street parking pada Ruas Jalan Jenderal Sudirman Kota Bandung antara
Simpang Otista dan Gardujati yang memiliki 51 SRP sepeda motor dan 86 SRP
kendaraan ringan seringkali menyebabkan kemacetan pada kawasan pertokoan
tersebut dan menurunnya kinerja ruas jalan. Untuk mengatasi permasalahan
tersebut, diperlukan peningkatan ketersediaan parkir yang mampu menggantikan
on street parking berupa parkir vertikal pada lahan kosong eksisting di sekitar ruas
jalan. Tujuan penyusunan laporan Tugas Akhir ini adalah merancang layout parkir
vertikal sesuai kebutuhan dengan metode akumulasi maksimum. Data yang
digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil
survei selama 1 hari kerja yaitu Hari Senin 20 Maret 2022. Sedangkan data sekunder
diperoleh dari instansi terkait. Analisis dilakukan terhadap karakteristik parkir dan
parameter dalam kinerja ruas jalan. Sebagai dasar analisis digunakan Pedoman
Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir 1998 dari Dirjen Perhubungan
Darat dan MKJI 1997. Dari hasil pengolahan data survei, diperoleh karakteristik on
street parking pada lokasi studi yaitu durasi parkir tertinggi yaitu 15 menit,
akumulasi dan volume parkir yang tertinggi pukul 11.00-11.15 WIB untuk sepeda
motor dan 12.45-13.00 WIB untuk kendaraan ringan, indeks parkir tertinggi pukul
12.45-13.00 WIB dan PTO tertinggi yaitu 2,67 untuk kendaraan ringan. Hal ini
berdampak pada buruk pada kinerja ruas jalan yaitu kapasitas jalan berkurang
44,4%, derajat kejenuhan pada jam sibuk pukul 17.00-18.00 WIB sebesar 0,49
bertambah menjadi 0,87, tingkat pelayanan dalam kategori A menjadi D, dan
kecepatan kendaraan ringan menjadi 11,14 km/jam. Jumlah kebutuhan parkir yang
akan dilayani parkir vertikal hingga 15 tahun rencana adalah 116 SRP mobil dan
240 SRP motor. Layout parkir vertikal yang dirancang berupa gedung 2 lantai pada
pelebaran lahan kosong dengan sudut 90° dan ramp lingkaran, serta Puzzle Parking
System 4 level tanpa pelebaran lahan. Berdasarkan nilai NPV, BCR, dan payback
period, proyek gedung parkir dan parkir otomatis tidak layak secara ekonomi
hingga 15 tahun rencana. Namun, proyek parkir otomatis lebih direkomendasikan
dibandingkan gedung parkir berdasarkan nilai analisis finansial tersebut.