
2008 TA PP AMANDA PERMATA DEWI 1-COVER
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan

2008 TA PP AMANDA PERMATA DEWI 1-BAB 1
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan

2008 TA PP AMANDA PERMATA DEWI 1-BAB 2
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan

2008 TA PP AMANDA PERMATA DEWI 1-BAB 3
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan

2008 TA PP AMANDA PERMATA DEWI 1-BAB 4
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan

2008 TA PP AMANDA PERMATA DEWI 1-BAB 5
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan

2008 TA PP AMANDA PERMATA DEWI 1-PUSTAKA
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Studi ini adalah untuk mencari tahu tipe mahasiswa Institut Teknologi Bandung
berdasarkan teori nilai motivasi yang dibuat oleh Schwartz dan juga untuk mencari
hubungan antara tipe nilai yang dimiliki dengan perilaku responden terhadap
pembelian produk private label. Dari empat nilai motivasi yang utama yang
ditawarkan oleh Schwartz, studi ini hanya menggunakan dua diantaranya, yaitu nilai
motivasi openness to change dan nilai motivasi conservation. Sedangkan perilaku
responden terhadap pembelian produk private label yang diteliti meliputi
kecenderungan responden untuk membeli produk private label, frekuensi
pembelian, jumlah pembelian per bulan, pemilihan produk yang dibeli, serta
besarnya biaya yang dihabiskan untuk melakukan pembelian produk private label.
Klasifikasi nilai yang dimiliki responden dibagi menjadi empat kategori yaitu: high
openness to change, high conservation, medium openness to change, medium
conservation, dan unidentified. Mayoritas dari mahasiswa ITB memiliki nilai
openness to change yang medium dan nilai conservation yang medium. Sebagian
besar dari mahasiswa ITB pernah membeli produk private label. Walaupun begitu,
mahasiswa ITB memiliki kecenderungan pembelian yang kurang baik terhadap
produk private label. Dalam hal kemauan untuk membeli produk private label,
terdapat korelasi positif antara nilai yang dimiliki dan perilaku pembelian private
label. Orang dengan nilai motivasi openness to change menunjukkan keinginan
yang lebih tinggi untuk membeli produk private label jika dibandingkan denga
orang yang memiliki nilai motivasi conservation. Namun, dalam hal dalam hal
frekuensi pembelian, jumlah pembelian, pengambilan resiko dalam membeli, dan
besarnya biaya yang dikeluarkan, tidak ada hubungan yang signifikan dengan nilai
motivasi yang dimiliki.
Dari hal-hal diatas, rekomendasi yang dapat diberikan adalah untuk diadakan
penelitian lebih lanjut menggunakan dua value Schwartz yang belum diteliti pada
penelitian ini. Penelitian mengenai value menggunakan teori value lain juga
direkomendasikan untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh mengenai
value yang dimiliki oleh mahasiswa ITB.