digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Baru-baru ini, perusahaan layanan pesan antar makanan online menyesuaikan strategi promosi penjualan mereka untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Hal Ini termasuk penurunan nilai diskon, biaya pengiriman, dan voucher cashback yang diberikan kepada pelanggan. Penelitian terhadulu mengungkap bahwa promosi memengaruhi loyalitas pelanggan. Karena diskon, ongkos kirim, dan cashback merupakan bentuk promosi penjualan pada jasa pesan antar makanan online, maka penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh diskon, ongkos kirim, dan cashback terhadap loyalitas pelanggan pada industri jasa pesan antar makanan online, khususnya di GoFood, GrabFood, dan Shopee Food, dengan brand trust, purchase intention, dan purchase decision sebagai variable mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memanfaatkan survei online yang mendapat total 2.868 tanggapan sebagai sumber data primer yang didistribusikan ke pengguna pesan-antar makanan online di seluruh Indonesia. Selanjutnya, statistik deskriptif dan PLS-SEM digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskon, ongkos kirim, dan cashback berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek. Kepercayaan merek, niat beli, dan keputusan pembelian memediasi hubungan antara diskon, ongkos kirim, dan cashback terhadap loyalitas. Diskon, biaya pengiriman, dan cashback juga memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan. Studi ini menunjukkan arah praktis untuk perusahaan pengiriman makanan online. Studi ini mengungkap bahwa pelanggan tidak setia pada satu platform dan menjelaskan bahwa pelanggan mengandalkan promosi penjualan untuk membeli makanan online. Penelitian ini juga mengisi kesenjangan antara keadaan sebelum dan sesudah perusahaan pengiriman makanan online menyesuaikan strategi promosi penjualannya. Akhirnya, hasil dari penelitian ini dapat membantu perusahaan untuk mengubah strategi mereka untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan dan berkontribusi pada penelitian lain terkait pengaruh diskon, biaya pengiriman, dan cashback terhadap loyalitas di masa depan.