digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Berkembangnya media sosial dengan platform internet telah menyebabkan munculnya trend penggunaan media sosial pada komunikasi masyarakat sehari-hari. Dengan adanya trend ini, para pelaku bisnis pun mulai terlibat menggunakan media sosial sebagai sarana untuk menyebarkan merk kepada masyarakat dan pada saat yang sama juga ikut memicu para pengguna media sosial lainnya melakukan hal yang sama. Dalam menyebarkan pesan ini salah satu media sosial yang sering digunakan adalah Instagram. Menurut model AIDA, setiap pesan yang disampaikan dalam berkomunikasi melalui Instagram harus dapat menarik minat pelanggan yang pada ahirnya dapat memicu tindak lebih lanjut dari pembaca. Secara umum setiap jenis posting memiliki karakteristik pelanggan tertentu. Untuk mengetahui jenis posting mana yang memiliki kinerja terbaik pada generasi Y. Maka dilakukan survey dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa SBM ITB yang dianggap mewakili generasi Y tersebut. Setelah pengumpulan data dilakukan maka untuk menjawab tujuan penelitian dilakukan analisis berdasarkan cross tabulation. Untuk mengetahui jenis pesan yang tepat dalam posting Instagram, penelitian ini akan melihat beberapa tipe posting yang biasa digunakan dalam Instagram. Tipe-tipe postingan yang akan digunakan sebagai variabel utama penelitian ini antara lain adalah: Extraordinary, Humor dan Touching. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pengguna Instagram generasi Y, maka jenis posting yang memiliki kinerja terbaik secara umum adalah Humor. Sehingga secara umum dapat disimpulkan bahwa humor merupakan salah satu jenis posting yang direkomendasikan oleh para pelaku bisnis.