digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sebagai hasil dari perkembangan internet dan teknologi, e-commerce belakangan ini menjadi fenomena, dimana banyak perusahaan menggeser proses transaksi mereka dari berbasis tradisional ke berbasis elektronik. E-commerce sendiri adalah proses transaksi bisnis melalui jaringan, yang meliputi pengiklanan online, pemesanan, pembayaran, hal yang menyangkut distribusi barang, serta pelayanan pelanggan. Sebagai salah satu aktivitas inti dari perusahaan e-commerce, strategi internet marketing harus diformulasi dengan baik karena secara tidak langsung ia berkontribusi terhadap performa perusahaan. Meskipun tidak ada satu teknik terbaik untuk mengukur efektivitas dari sebuah website, pelaku pemasar dapat menggunakan pengukuran yang disediakan oleh analisis web yang merekam performa internet marketing, dan selanjutnya merancang strategi yang lebih baik. Fabelio adalah sebuah perusahaan startup yang menjual furniture secara online dan menyediakan produk dengan desain menarik. Berjuang dalam melewati tahap awal, mereka melakukan strategi online marketing gerilya melalui beberapa channel. Dengan menganalisa strategi marketing mereka saat ini melalui channel promosinya, peneliti bertujuan menjabarkan performa mereka sekarang, mengusumelalui beberapa channel. Dengan menganalisa strategi marketing mereka saat ini melalui channel promosinya, peneliti bertujuan menjabarkan performa mereka sekarang, mengusulkan rekomendasi yang paling mungkin, dan memberikan masukan bagi pelaku pemasar di perusahaan ecommerce. Pada literatur sebelumnya, telah disimpulkan bahwa aspek demografis memiliki peranan penting dalam perilaku penjelajahan internet. Akan tetapi, dampak yang ditimbulkan hanya dari segi usia saja, sedangkan jenis kelamin tidak berpengaruh secara signifikan. Karena itu, peneliti ingin mengetahui promotion channel yg lebih disukai oleh segmen umur tertentu. Indikasi dari penelitian ini menunujukan bahwa orang-orang yang berusia 18 sampai 44 tahun lebih banyak yang mengunjungi website Fabelio melalui pencarian terkait furniture, yang hasilnya menunjukkan iklan wbsite Fabelio. Sementara itu, orang-orang berusia 45 tahun ke atas mengunjungi website Fabelio karena tertarik dengan iklan yang dipasang di jejaring sosial Facebook. Hal ini juga mengindikasikan perilaku penjelajahan internet yang mereka lakukan. Hasil analisa juga menunjukkan bahwa transaksi lebih banyak dilakukan oleh orang-orang yang mengunjungi kembali website Fabelio. Karena itu, penting bagi pelaku pemasar untuk membuat strategi untuk meningkatkan intensi pengunjung untuk kembali ke website.