digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Saat ini perusahaan harus bersaing dengan pesaing mereka. Tidak hanya pada produk atau jasa, tetapi juga untuk menarik karyawan. Selama beberapa tahun terakhir, persaingan menyangkut menarik, merekrut, dan mempertahankan terbaik karyawan yang terampil telah meningkat secara signifikan. Tanpa pelamar yang tepat, organisasi tidak mampu mengembangkan tingkat keunggulan kompetitif yang diperlukan untuk bersaing dalam perekonomian yang tidak stabil. Sebagai konsekuensi dari mereka, perusahaan semakin berusaha untuk membuat diri mereka sebagai pengusaha yang menarik di pasar tenaga kerja. Salah satu cara untuk menarik merekrut dan meyakinkan karyawan saat ini terlibat dalam budaya dan strategi perusahaan adalah karyawan branding. Dalam industri salon seperti Salon Moz5 Bandung, kebutuhan untuk karyawan profesional adalah sangat penting untuk memuaskan pelanggan. Hal ini juga mempengaruhi pendapatan dari salon. Pada bulan Februari 2016, pendapatan dari Salon Moz5 Bandung menurun drastis. Itu karena kurangnya pelamar melamar pekerjaan di salon. Oleh karena itu, kapasitas salon tidak sesuai dengan jumlah pelanggan. Satu hal yang dapat membuat pelamar berlaku dalam sebuah perusahaan adalah karyawan branding. Hal ini penting untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menarik karyawan baru dan kemudian menjadikannya sebagai karyawan branding. Peneliti tertarik untuk menganalisis efek dari lokasi, citra perusahaan, tanggung jawab sosial perusahaan, tugas, dan fleksibilitas dalam bekerja untuk ketertarikan karyawan. Penelitian ini melakukan uji beberapa hipotesis yang; apakah ada pengaruh yang signifikan dari lokasi, citra perusahaan, tanggung jawab sosial perusahaan, tugas, dan fleksibilitas dalam bekerja untuk ketertarikan karyawan dan bagaimana meningkatkan jumlah pelamar pekerjaan di Salon Moz5 Bandung. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda. Responden 74 siswa dari SMK N 9 Bandung jurusan kecantikan kulit dan rambut yang sekarang kelas 3; dan alumni yang baru saja lulus pada tahun 2016. Hasil analisis menunjukkan bahwa satu-satunya faktor yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketertarikan karyawan adalah citra perusahaan. Penelitian ini merekomendasikan kepada pemilik Salon Moz5 Bandung untuk membuat citra perusahaan yang lebih terkenal, membuat program brand ambassador, dan bersosialisasi tentang Salon Moz5 Bandung ke sekolah-sekolah sehingga jumlah pelamar akan meningkat