digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Instagram telah menjadi jaringan social dengan pertumbuhan tercepat mencapai 400 juta pengguna sejak diluncurkan pada Oktober 2010. Oleh karena Instagram merupakan top aplikasi untuk menangkap gambar dan berbagi foto, penulis blog makanan menggunakannya sebagai media social utama yang dihubungkan dengan blog mereka. Beberapa perusahaan melakukan promosi produk mereka melalui akun Instagram makanan karena kepopuleran Instagram. Penulis blog makanan terlepas dari perusahaan dan bekerja sebagai pelaku pemasaran mandiri. Tujuan dari penelitian ini untuk menguraikan strategi dari 40 akun Instagram makanan yang berada di Indonesia. Penelitian ini memantau dan mengoleksi garis waktu subjek studi. Selanjutnya diikuti dengan melaksanakan analisis terhadap konten. Pada akhirnya, kerangka strategi untuk akun Instagram makanan diajukan dengan menganalisis fitur-fitur Instagram dan manajemen isi. Analisis mengenai jam mengepos dan hashtag memberikan wawasan bagaimana menggunakan fitur-fitur Instagram dalam rangka meningkatkan keterikatan para pengikut. Teori mengenai media massa seperti Agenda Setting Theory, Two-Step Flow Theory dan Media Richness sebaiknya diaplikasikan mengingat akun Instagram makanan berfungsi sebagai media massa yang berhubungan dengan makanan. Ikut dalam organisasi sangat direkomendasikan untuk mendukung satu sama lain dengan berbagi projek, membuat strategi, dan bertukar informasi. Hasil yang diharapkan dari strategi ini adalah sikap setia, intensi bertingkah laku, tingkah laku yang setia.