digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia adalah negara ke 4 yang paling padat penduduknya pada tahun 2015, dengan munculnya konsumen kelas menengah yang minatnya bertambah dalam produk konsumen. Pengeluaran konsumsi rumah tangga memberikan kontribusi 56,07% terhadap PDB nasional pada tahun 2014. Hal ini membuat industri ritel bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Selama periode 2011-2015, pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami sedikit perlambatan, yang berdampak kepada ritel di Indonesia. Dengan pertumbuhan PDB yang rendah, industri ritel di Indonesia sebagai salah satu penyumbang terbesar PDB perlu untuk mempertahankan kinerja untuk meningkatkan perekonomian bangsa. Tren penjualan ritel berfluktuasi dalam setiap tahun dikarenakan konsumen menahan pengeluaran, menghemat uang karena mereka tahu kondisi ekonomi yang tidak stabil. Industri ritel terus tumbuh, walaupun dalam kecepatan lambat. Ada banyak toko baru yang dibuka oleh ekspansi jaringan ritel lama dan jaringan ritel baru setiap tahunnya. Salah satu ritel modern lokal tertua yang masih ada sampai sekarang dan terus berekspansi adalah PT Hero Supermarket Tbk. Memiliki tren pasar yang menurun, PT Hero Supermarket Tbk terkena efek perlambatan ekonomi yang mendorong menurunnya penjualan ritel. Pada akhir 2015, perusahaan mengalami kerugian meskipun telah melakukan beberapa langkah pencegahan seperti menutup beberapa toko yang kurang menguntungkan, didorong oleh kinerja tahun sebelumnya. Penelitian ini akan menilai kinerja keuangan PT Hero Supermarket Tbk dalam tahun 2011- 2015, ketika bangsa dan industri mengalami kesulitan sebagai efek dari perlambatan ekonomi. Kinerja PT Hero Supermarket Tbk akan dibandingkan dengan pesaingnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yaitu PT Matahari Putra Prima Tbk, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk, PT Supra Boga Lestari Tbk, dan PT Midi Utama Indonesia Tbk. Penelitian ini akan menggunakan analisis rasio keuangan dan sistem DuPont analisis. Tiga jenis analisis akan digunakan yang analisis time series, analisis cross section, dan analisis gabungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja keuangan PT Hero Supermarket Tbk dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerjanya di masa depan. Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja PT Hero Supermarket Tbk rata-rata menurun dari 2011-2015. Rasio PT Hero Supermarket Tbk bawah rata-rata industri. Dua tahun lalu adalah tahun terburuk dalam periode untuk PT Hero Supermarket Tbk. Rekomendasi untuk PT Hero Supermarket Tbk adalah untuk meningkatkan efisiensi operasional, terutama dengan memotong biaya gaji dan sewa serta mengefisiensikan penggunaan aset untuk meningkatkan ROA dan ROE.