digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sektor bisnis kuliner merupakan usaha yang sangat populer, selain menjadi identitas budaya sektor kuliner juga berperan bagi perekonomian negara menjadi penyumbang terbesar untuk PDB indonesia dalam industri kreatif. Pesatnya perkembangan usaha di sektor kuliner ini menjadikan para pelaku usaha terus melakukan inovasi, salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan dan pemanfaatan teknologi. Melihat peluang tersebut Grillto Indonesia berinovasi untuk membuka outlet Cloud Kitchen yang hanya mengandalkan Online Food Delivery Service (OFD). Berdasarkan pertimbangannya Grilto Indonesia berencana untuk membuka outlet di lima kota yang potensial yaitu Medan, Pekabaru, Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Penelitian ini berfokus untuk melakukan analisis situasi bisnis menggunakan VRIO analysis, Porter’s Five Force Analysis, dan SWOT Analysis serta yang utama ialah menentukan dua kota prioritas untuk launching strategy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Multi Criteria Decision Making (MCDM) dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) penentukan kriteria dalam metode ini berdasarkan literatur review dan metode Focus Group Focus Group Discussion (FGD) sebagai penentuan dalam pairwaise comparation. Hasil penelitian menjukkan bahwa kota Pekanbaru dan kota Medan menjadi dua urutan tertinggi dengan nilai 0.3503 dan 0.2332, dengan demikiian Grillto Indonesia akan membuka outlet pertamanya di kota Pekanbaru & Medan.