digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Instagram sekarang menjadi social media dengan pengguna terbanyak ketiga, memiliki sekitar 700 juta pengguna pada April 2017. saat ini, sudah banyak merek fashion yang menggunakan instagram menjadi salah satu tempat untuk meningkat penjualan, tingkat kesadaran terhadap merek, tingkat keterikatan, dan lain lain. saat ini ada 500 juta pengguna instagram yang memiliki ketertarikan terhadap fashion (Instagram data, 2016). Di Indonesia, banyak merek pakaian yang menjaga nilai aestetik pada akun utama instagram mereka, sehingga banyak yang mencetuskan solusi dengan membuat akun instgaram kedua, banyak dari mereka memanfaatkan akun kedua tersebut dengan menjadikan katalog digital atau lookbook digital untuk product mereka. Masalah yang terjadi adalah tidak ada pedoman dalam membuat akun kedua tersebut yang didasari preferensi konsumen ketika hendak mencari informasi yang dibutuhkan. Dengan membuat konten efisien dan efektif untuk menjaga keterikatan dengan konsumen dan tetap sama dengan akun pertamanya. Riset ini berharap untuk mengukur kombinasi konten informasi apa yang dibutuhkan konsumen dengan analisis konjoin. analisis ini akan menggunakan dua metode yaitu analisa kualitatif dengan mengunakan metode wawancara dan kuantitatif dengan menggunakan metode analisa conjoint, analisa konjoin akan di dukung oleh kuesioner offline dan online namun dalam riset ini akan fokus mendalami gabungan dari hasil online dan offline yang nanti menghasilkan kombinasi konten yaitu scenery photoshoot, long caption dan single angle.