digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

13517133 Fitria Budi Ananda.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Al-Quran adalah kitab suci yang berisi tuntunan beragama bagi umat Islam. Seorang penganut agama Islam diperintahkan untuk membaca, memahami, dan menghafalkan Al-Quran. Hafalan Al-Quran biasa dilakukan dengan bantuan guru atau mentor untuk memberikan target capaian dan memverifikasi kualitas hafalan Al-Quran. Hal ini menjadi terkendala ketika penghafal tidak memiliki mentor. Sudah terdapat beberapa aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk mendukung hafalan Al-Quran khususnya yang dilakukan secara mandiri. Akan tetapi, aplikasi yang sudah ada masih kurang interaktif sehingga tidak cukup memberikan motivasi untuk menyelesaikan hafalan Al-Quran. Oleh karena itu, tugas akhir ini bertujuan untuk mengembangkan desain interaksi aplikasi pendukung hafalan Al-Quran yang dapat membantu pengguna untuk terus menambah hafalan Al-Quran. Digunakan pendekatan player-centered design untuk mengembangkan desain interaksi yang menerapkan gamifikasi dalam proses hafalan Al-Quran agar dapat meningkatkan motivasi pengguna. Keluaran dari tugas akhir ini adalah prototipe high-fidelity yang memenuhi usability goals berupa effective to use dan having good utility serta user experience goals berupa motivating dan helpful. Ketercapaian usability dan user experience goals dari hasil rancangan desain interaksi diukur melalui proses usability testing dengan menggunakan metrik Success Rate untuk effective to use, Usability Metric for User Experience Lite (UMUX-Lite) untuk having good utility, skala Intrinsic Motivation Inventory (IMI) untuk motivating, dan Perceived Competence Scales (PCS) untuk helpful. Desain interaksi yang dikembangkan sudah memenuhi keempat usability dan user experience goals yang ditentukan dengan Success Rate 85,83% (effectivity), 87,5 nilai UMUX-Lite (utility), 5,72 nilai IMI (motivating), dan 5,88 nilai PCS (helpful).