digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Andhika Rama Prakasa
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Andhika Rama Prakasa
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Andhika Rama Prakasa
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Andhika Rama Prakasa
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Andhika Rama Prakasa
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Andhika Rama Prakasa
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Andhika Rama Prakasa
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecemasan salah satu pemilik Cafe di Tangerang yaitu El Primero Cafe & Meet yang mengalami inkonsistensi jumlah pengunjung. Permasalahan tersebut menunjukkan bahwa keberadaan El Primero Cafe & Meet belum begitu terlihat pasar, salah satunya kehadirannya secara digital yang sangat memberikan peluang bisnis untuk dilihat oleh pasar dalam skala global. Dengan kehadiran digital yang minim, El Primero Cafe & Meet sulit mencapai brand awareness yang tinggi. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah fokus pada perencanaan strategi digital marketing agar aktivitas digital konsisten, memiliki target, dan dapat dijadikan sebagai sumber data riset pasar untuk pengembangan bisnis. Selain itu, di era kolaboratif dan digital, tentunya melibatkan komunitas secara langsung dengan brand bisa menjadi strategi yang menarik untuk diterapkan. El Primero dapat membentuk hubungan yang erat dengan pasar dan komunitas online dan memperkenalkan tempat mereka sebagai "Rumah" untuk komunitas yang berkolaborasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan strategi digital marketing berbasis komunitas untuk meningkatkan brand awareness El Primero Cafe & Meet. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara terhadap 3 kategori informan; manajemen, komunitas, dan konsumen umum dengan total 8 narasumber. Inti dari setiap wawancara adalah menggali perilaku pasar terhadap dunia digital, konsep pemasaran digital apa yang dibutuhkan pasar, hingga ekspektasi manajemen terkait strategi yang akan dirancang. Wawancara dilakukan secara terpisah dengan tujuan untuk mengurangi distraksi antar narasumber dan menggali berbagai variasi pengalaman dari masing-masing kategori. Dari hasil penelitian diperoleh data berupa perilaku konsumen dalam mengakses platform digital. Data-data tersebut kemudian diolah menjadi konsep pemikiran dalam penyusunan strategi digital marketing dengan SOSTAC Framewrok dan strategi ini akan digunakan untuk meningkatkan brand awareness El Primero Cafe & Meet dalam 6 bulan sebagai tahap uji coba.