digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Eka Budiana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Eka Budiana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Eka Budiana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Eka Budiana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Eka Budiana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Eka Budiana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Pandemi Covid-19 mendorong transformasi-digital dan perubahan perilaku metode pembelajaran secara daring di Indonesia. Mengacu kepada data dari Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia pada tahun 2022, Indonesia masih kekurangan talenta digital sekitar 500.000 per tahun. Perusahaan start-up di bidang edukasi berupaya memenuhi kekurangan talent tersebut dengan menyediakan program Pendidikan daring dengan kombinasi pembelajaran mandiri dan fasilitator membantu siswa dalam mengerjakan tugas. PT Solusi Tiga Selaras (“Solutif”) ingin mengambil kesempatan turut berkontribusi dalam menyiapkan kebutuhan talenta di Indonesia yang mempunyai keahlian siap kerja di bidang digital. Namun Solutif adalah pemain baru dalam bidang edukasi dan perlu menyusun strategi pemasaran agar bisa masuk ke pasar yang tepat dan mencapai target pendapatan perusahaan di tahun 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendorong utama keinginan konsumen mengikuti pelatihan daring, pilihan topik pelatihan, metode pembelajaran, kanal informasi yang sering diikuti dan harapan harga. Penyusunan strategi marketing akan dilakukan melalui proses benchmark pada penyedia pelatihan daring yang ada di Indonesia berdasarkan hasil riset kuantitatif.