digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Salman Naufal Abdillah M
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Seiring dengan popularitas dan minat pada kendaraan listrik yang terus meningkat, diprediksi bahwa penjualan kendaraan listrik akan mencapai hingga 5 juta per tahun pada tahun 2030. Salah satu komponen kritis yang diperlukan oleh kendaraan listrik adalah battery pack yang terdiri dari beberapa kelompok sel baterai yang menyediakan daya untuk fungsi kendaraan secara keseluruhan, yang memerlukan perlindungan dari berbagai masalah potensial. Deformasi pada baterai dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan yang dapat membahayakan penumpang dan sekitarnya. Masalah ini memicu penelitian ekstensif tentang desain komponen pelindung yang tahan benturan dan evaluasinya untuk memastikan keselamatan pada kendaraan listrik. Tugas akhir ini berfokus pada analisis crashworthiness dari impact energy absorber (IEA) pada benturan tiang samping untuk melindungi paket baterai dengan cara berdeformasi untuk mengurangi beban impak. Untuk tujuan tersebut, struktur auxetic yang memiliki properti rasio Poisson negative diusulkan untuk di-implementasikan sebagai IEA, dengan harapan dapat memaksimalkan penyerapan impak pada beban benturan tiang samping. Metodologi yang dilakukan untuk mendukung tugas akhir ini meliputi Desain CAD struktur IEA auxetic menggunakan SolidWorks, simulasi dinamis eksplisit dari IEA menggunakan Abaqus, dan evaluasi hasil berdasarkan nilai absorpsi energi spesifik (SEA) serta parameter tegangan dan gaya reaksi nya. Simulasi dari penelitian ini mengevaluasi struktur auxetic sebagai IEA memiliki keuntungan dalam meredam tegangan yang tercatat hingga 30% dan gaya reaksi hingga 25% pada area yang relevan dari komponen dibandingkan dengan beberapa struktur konvensional, dengan penurunan tegangan sebesar 45% dan gaya reaksi sebesar 60% dibandingkan dengan komponen ambang pintu yang kosong dengan massa yang sama.