digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT PLN (Persero) secara konsisten mendorong transformasi dan inovasi dalam tata kelola Human Capital. Untuk mendukung transformasi secara keseluruhan, sangat penting untuk memiliki sistem SDM yang berkualitas yang dapat mendukung pembentukan talenta unggul yang akan bertindak sebagai motor penggerak transformasi. Peran Human System Management sangat penting dalam memajukan perusahaan. Human Capital Transformation akan dilakukan secara komprehensif dan terintegrasi dengan teknologi dan value employee experience base di seluruh PLN yang dinamakan Human Experience Management System (HXMS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami target Right Skill (Tepat Kompetensi) pada Human Experience Management System (HXMS) di PT PLN (Persero), Hal ini didasarkan dari perbedaan antara Manajemen Sistem Sumber Daya Manusia (HCMS) dan Sistem Manajemen Pengalaman Manusia (HXMS),Serta menganalisis dan mengevaluasi dampak implementasi Keterampilan yang Tepat pada Sistem Manajemen Pengalaman Manusia, Dan Untuk mengoptimalkan implementasi target keterampilan yang tepat pada Sistem Manajemen Pengalaman Manusia. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Metode kualitatif sebagai pada metode penelitian ini memungkinkan peneliti memperoleh data rinci dari pengalaman aktual, dan evaluasi Analisis Data menggunakan Applikasi Nvivo. Hasil penelitian ini akan menunjukkan bahwa Pengalaman Manusia memegang peranan krusial sebagai change enabler dalam program Transformasi PLN karena diakui sebagai aset yang lebih berharga dibandingkan individu. Dan untuk mengoptimalkan implementasi Right Skill Target on Human Experience Management System adalah mengembangkan sistem terintegrasi yang memungkinkan bisnis untuk mengelola berbagai aspek sumber daya manusia.