PT. XYZ adalah perusahaan konten digital dan pemasaran influencer terkemuka.
Diposisikan di penggabungan antara konten, platform, dan merek, bercita-cita
untuk memimpin transformasi media digital Asia dengan merevolusi cara konten
dihasilkan, disebarluaskan, dan dikonsumsi. Saat ini terdapat 8 kantor Asia Pasifik,
yaitu Singapura, Kuala Lumpur, Seoul, Tokyo, Manila, Shenzhen, Hong Kong, dan
Jakarta (termasuk Filipina setelah merger dengan Indonesia). PT. XYZ percaya
bahwa restrukturisasi organisasi sangat penting agar organisasi dapat berfungsi
dengan baik. Inisiatif ini dicetuskan pada saat penurunan pendapatan dari Q1 ke
Q3 2021. Sangat penting untuk menilai kesiapan karyawan untuk mengadopsi
struktur organisasi yang baru. Studi ini berusaha untuk menentukan kesiapan
karyawan untuk menerapkan struktur organisasi baru, dan kemudian menyusun
strategi terbaik untuk mengatasi berbagai tantangan sekarang dan masa depan.
Untuk mencapai tujuan penelitian, penulis menggunakan model Kotter 8-Steps
untuk Managing Director dan HR Manager, dilanjutkan dengan model ADKAR
untuk Fungsi Leader dan stafnya.
Menurut data, karyawan menyadari perubahan yang terjadi, namun terlihat
adanya variasi dalam cara mereka memandang perlunya perusahaan untuk
berubah. Menyadari akan meningkatkan kinerja bisnis, namun beberapa karyawan
tetap menentangnya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya informasi yang tepat dan
kurangnya bantuan pelatihan yang diarahkan secara khusus untuk menyesuaikan
diri dengan perubahan. Namun demikian, karyawan siap untuk berubah karena
pemimpin mereka sangat ingin membantu mereka pada saat dibutuhkan.
Sayangnya, tidak ada prosedur penilaian dengan kriteria keberhasilan yang jelas,
sehingga sulit untuk menetapkan penilaian mana yang efektif dan mana yang tidak.
Apalagi dalam konteks minimnya penghargaan atau pengakuan, yang
dimaksudkan untuk mendorong orang melakukan perubahan. Akibatnya,
diperlukan perbaikan, seperti pembentukan tim koalisi pemandu yang tepat dengan
tujuan yang sama, pertemuan tatap muka dengan karyawan, memberikan pelatihan
untuk mendukung karyawan yang memiliki posisi baru, meluncurkan kemenangan
jangka pendek, menerbitkan laporan kemajuan perubahan, penyelarasan sistem
SDM dalam aspek kompensasi, promosi, dan perencanaan suksesi.