digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT. XYZ adalah perusahaan konten digital dan pemasaran influencer terkemuka. Diposisikan di penggabungan antara konten, platform, dan merek, bercita-cita untuk memimpin transformasi media digital Asia dengan merevolusi cara konten dihasilkan, disebarluaskan, dan dikonsumsi. Saat ini terdapat 8 kantor Asia Pasifik, yaitu Singapura, Kuala Lumpur, Seoul, Tokyo, Manila, Shenzhen, Hong Kong, dan Jakarta (termasuk Filipina setelah merger dengan Indonesia). PT. XYZ percaya bahwa restrukturisasi organisasi sangat penting agar organisasi dapat berfungsi dengan baik. Inisiatif ini dicetuskan pada saat penurunan pendapatan dari Q1 ke Q3 2021. Sangat penting untuk menilai kesiapan karyawan untuk mengadopsi struktur organisasi yang baru. Studi ini berusaha untuk menentukan kesiapan karyawan untuk menerapkan struktur organisasi baru, dan kemudian menyusun strategi terbaik untuk mengatasi berbagai tantangan sekarang dan masa depan. Untuk mencapai tujuan penelitian, penulis menggunakan model Kotter 8-Steps untuk Managing Director dan HR Manager, dilanjutkan dengan model ADKAR untuk Fungsi Leader dan stafnya. Menurut data, karyawan menyadari perubahan yang terjadi, namun terlihat adanya variasi dalam cara mereka memandang perlunya perusahaan untuk berubah. Menyadari akan meningkatkan kinerja bisnis, namun beberapa karyawan tetap menentangnya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya informasi yang tepat dan kurangnya bantuan pelatihan yang diarahkan secara khusus untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Namun demikian, karyawan siap untuk berubah karena pemimpin mereka sangat ingin membantu mereka pada saat dibutuhkan. Sayangnya, tidak ada prosedur penilaian dengan kriteria keberhasilan yang jelas, sehingga sulit untuk menetapkan penilaian mana yang efektif dan mana yang tidak. Apalagi dalam konteks minimnya penghargaan atau pengakuan, yang dimaksudkan untuk mendorong orang melakukan perubahan. Akibatnya, diperlukan perbaikan, seperti pembentukan tim koalisi pemandu yang tepat dengan tujuan yang sama, pertemuan tatap muka dengan karyawan, memberikan pelatihan untuk mendukung karyawan yang memiliki posisi baru, meluncurkan kemenangan jangka pendek, menerbitkan laporan kemajuan perubahan, penyelarasan sistem SDM dalam aspek kompensasi, promosi, dan perencanaan suksesi.