digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Promedika Mitra Utama (PMU) merupakan badan usaha yang bergerak di bidang penjualan grosir dan eceran distributor alat kesehatan dan laboratorium. Selama beroperasi hingga saat ini, perusahaan telah melakukan kegiatan pemasaran berbasis offline dan Online. Kegiatan pemasaran yang dilakukan secara offline meliputi penjualan toko ritel offline/luring dan online/daring melalui platform media seperti WhatsApp, Instagram dan Shopee. Namun, ada kendala resiko dan hambatan yang mempengaruhi proses pengembangan kegiatan pemasaran perusahaan. PMU belum memiliki rencana pemasaran yang baik dan ter standarisasi. Hal ini menyulitkan manajemen internal untuk mengambil tindakan manajemen untuk setiap kegiatan pemasaran seperti kampanye, memantau hasil, dan mengevaluasi kegiatan pemasaran yang sedang berlangsung. Oleh karena itu perusahaan perlu merencanakan alur proses siklus hidup kegiatan pemasaran yang baik dan terstruktur yang berguna sebagai bahan evaluasi dan penerimaan kegiatan pemasaran di masa depan. Menggunakan kerangka kerja analisis AFI yang berdasar dari analisis internal, external, formulasi SWOT, akan menghasilkan beberapa usulan perencanaan pemasaran. Perencanaan pemasaran tersebut akan digunakan untuk tahun 2023, yang mana hasil keluaranya berupa formulasi 7Ps of marketing mix, TOWS, and Porter Generic analysis. temuani penelitian, ditemukan bahwa PMU akan merencakan kegiatan pemasaran berbasis Offline dan Online yang pada 2 semester selama 2023. Yang mana tujuan semester pertama untuk membangun awareness serta diskon insentif untuk memboost sales. Target kampanye ini akan menyasar kepada pemerintahan melalui program stunting dan pameran di publik untuk mahasiswa Kesehatan. Selain itu beberapa usulan lain berupa kebijakan dan pembuatan blueprint untuk melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan pemasaran.