digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Permintaan bahan bakar gas cair (LPG) meningkat setiap tahun sejak pemerintah menerapkan kebijakan konversi minyak tanah ke gas. Kenaikan ini terus terjadi dalam 10 tahun terakhir, sejak tahun 2011 hingga 2021. Peningkatan konsumsi LPG menandakan bahwa kebutuhan masyarakat akan produk LPG semakin tinggi, baik di sektor industri, komersial maupun rumah tangga. Namun, PT. Lembang Abadi Indah tidak diuntungkan oleh situasi ini. Penjualan perusahaan terus menurun sejak tahun 2018-2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan hal tersebut dan mengembangkan strategi pemasaran untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan data yang diperoleh melalui wawancara dan kajian pustaka. Dalam menganalisis kondisi eksternal, alat yang digunakan adalah PESTEL Analysis dan Porter’s Five Forces. Selain itu, untuk memahami kekuatan dan kelemahan perusahaan akan digunakan Bauran Pemasaran 7P. Pada akhir penelitian, hasil analisis akan dipetakan oleh SWOT, TOWS Matrix dan Business Model Canvas. Dapat ditarik kesimpulan, perusahaan perlu fokus pada hubungan pelanggan, diversifikasi produk dan proses bisnis yang efisien untuk mengatasi permasalahan yang ada.