2023_TS_PP_Nadhilah Zatil Iman (29121277)_1-Abstrak.pdf
PUBLIC Yose Ali Rahman Nadhilah Zatil Iman (29121277).pdf
PUBLIC Yose Ali Rahman
Permintaan bahan bakar gas cair (LPG) meningkat setiap tahun sejak pemerintah
menerapkan kebijakan konversi minyak tanah ke gas. Kenaikan ini terus terjadi
dalam 10 tahun terakhir, sejak tahun 2011 hingga 2021. Peningkatan konsumsi LPG
menandakan bahwa kebutuhan masyarakat akan produk LPG semakin tinggi, baik
di sektor industri, komersial maupun rumah tangga. Namun, PT. Lembang Abadi
Indah tidak diuntungkan oleh situasi ini. Penjualan perusahaan terus menurun sejak
tahun 2018-2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan
hal tersebut dan mengembangkan strategi pemasaran untuk mengatasi masalah ini.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan data yang diperoleh
melalui wawancara dan kajian pustaka.
Dalam menganalisis kondisi eksternal, alat yang digunakan adalah PESTEL
Analysis dan Porter’s Five Forces. Selain itu, untuk memahami kekuatan dan
kelemahan perusahaan akan digunakan Bauran Pemasaran 7P. Pada akhir
penelitian, hasil analisis akan dipetakan oleh SWOT, TOWS Matrix dan Business
Model Canvas. Dapat ditarik kesimpulan, perusahaan perlu fokus pada hubungan
pelanggan, diversifikasi produk dan proses bisnis yang efisien untuk mengatasi
permasalahan yang ada.