digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Fristine Ameylia Dwi P. K.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Fristine Ameylia Dwi P. K.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Fristine Ameylia Dwi P. K.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Fristine Ameylia Dwi P. K.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Fristine Ameylia Dwi P. K.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Fristine Ameylia Dwi P. K.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Bisnis adalah bagian penting dari organisasi kehidupan manusia, dan teknologi terus berkembang dan menjadi lebih kompleks. Penjualan online di pasar mode internasional tumbuh dengan sangat cepat. Internet menjadi lebih mudah diakses dan didekati. Kebutuhan dominan akan kecepatan dan kenyamanan dalam berbelanja menentukan transformasi pembeli modern. Sebagian besar studi penelitian baru-baru ini berfokus pada sudut pandang organisasi bisnis online. Namun, ada kekurangan penelitian di semua aspek perdagangan online, mulai dari komponen organisasi hingga komponen teknis. Tujuan dari tesis ini adalah untuk mengidentifikasi faktor sukses dan hambatan utama untuk perdagangan elektronik di industri kreatif, dengan fokus pada produk etnik. Proses penelitian dimulai dengan studi literatur untuk menentukan model teoritis yang relevan untuk dijadikan landasan. Berdasarkan kajian literatur sebelumnya, model BUMMAT yang dipilih (Jarvela & Tinnila, 2000) diimplementasikan untuk mengembangkan dan menganalisis bisnis pada tingkat yang luas, mengidentifikasi peserta yang berbeda dan peran mereka, selain berbagai cara bertindak dan menggambarkan semua proses dari perspektif pengguna akhir. Untuk mengumpulkan data empiris, ketiga usaha kerajinan yang memiliki tujuan yang sama untuk melestarikan budaya Indonesia dianalisis dalam model teoritis dan dibandingkan satu sama lain. Ketiga merk tersebut adalah : Tenun Nan Elok, Du'Anyam, dan Noesa. Oleh karena itu, faktor dan hambatan yang berhasil diidentifikasi dan dianalisis. Selain itu, area untuk perbaikan juga dibahas dalam tesis ini. Dan pada bab terakhir rencana implementasi disimpulkan agar Tenun Nan Elok berhasil bersaing di pasar e-commerce. Rencana implementasi dibuat untuk kasus Tenun Nan Elok selama enam bulan untuk mengimplementasikan faktor-faktor keberhasilan memasuki bisnis e-commerce.