digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Anastasia Gabriela Liem
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Anastasia Gabriela Liem
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Anastasia Gabriela Liem
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Anastasia Gabriela Liem
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Anastasia Gabriela Liem
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Anastasia Gabriela Liem
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Anastasia Gabriela Liem
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

New Central Palu adalah toko retail modern yang berlokasi di Palu, Sulawesi Tengah. New Central Palu menjual berbagai macam produk dengan kosmetik sebagai produk utamanya. Saat ini, New Central Palu sedamg mengalami stagnasi penjualan dan kurangnya brand awareness. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah dan mengusulkan strategi komunikasi pemasaran terpadu untuk memecahkan masalah tersebut. Metode kuantitatif dan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Untuk itu, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada manajemen internal New Central Palu dan penyebaran kuesioner kepada target pelanggan New Central Palu. Wawancara mendalam digali dari kepala pembelian, kepala pemasaran dan penjualan, dan general manager New Central Palu. Selain itu, kuesioner online dengan menggunakan google form telah disebar ke 193 responden melalui instagram resmi New Central Palu. Data sekunder diperoleh dari sumber lain, seperti buku, jurnal, dan lain-lain juga dikumpulkan untuk mendukung analisis data. Analisis internal dilakukan dengan menggunakan analisis STP, marketing mix, dan analisis VRIO sedangkan analisis eksternal dilakukan dengan menggunakan analisis PESTEL, Porter's Five Forces, dan analisis pelanggan. Kemudian, dilakukan analisis SWOT sebelum mengusulkan STP dan marketing mix baru. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diusulkan strategi komunikasi pemasaran terpadu. Enam saluran bauran komunikasi pemasaran digunakan, termasuk periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung dan pemasaran digital untuk mengoptimalkan hasil. Dapat disimpulkan bahwa New Central Palu memiliki potensi bisnis yang sangat besar sebagai toko kosmetik ritel modern di Palu. Namun, ada beberapa strategi dan rekomendasi pemasaran yang harus diterapkan.